Burung Anis Macan : Habitat, Populasi, Ciri dan Perawatannya

Cherewed.com – Diartike sebelumny admin sudah memberikan informasi mengenai burung anis kembang betina lengkap dengan ciri-ciri dan habitatnya, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas informasi mengenai Burung Anis Macan : Habitat, Populasi, Ciri dan Perawatannya.

Burung anis macam merupakan salah satu burung kicau yang memliki banyak peminatnya, karena burung ini memiliki suara yang merdu. burung Anis macam atau biasa di sebut juga dengan anis ampenan memiliki nama latih Zoothera dohertyi ini merupakan satu genus dengan burung anis, seperti anis kembang, anis merah, dan anis cendana.

Sama seperti burung anis kembang dan anis merah, anis macan juga masih satu anggota burung punglor (Turdidae). Karena memiliki satu genus dengan anis merah, anis kembang dan anis cendana, untuk karakternya itu sendiri tidak jauh berbeda dengan burung tersebut, begitu juga untuk perawatannya tidak jauh berbeda.

Populasi Anis Macan

Untuk populasi anis macan saat ini populsinya menurun, dan hal tersebut bukan di sebabkan penangkapan liar, perdagangan anis kembang di sekitar jawa, akan tetapi penyebab anis macan menurun populasinya menurut masyarakat sekitar habitat anis macan di sebabkan oleh perusakan hutan yang di sengaja dan juga yang tidak di sengaja.

Namun, meskipun populasinya sangat menurun setiap tahunnya, jenis burung anis macan bukan termasuk jenis burung yang dilindungi. Menurut data yang di ambil dari BirdLife (2016), untuk anis macan di lombok sudah punah, dan untuk populasi dari flores, sumba dan timor sudah Hampir Terancam/Near Threatened (NT).

BACA JUGA :  Khasiat Dan Manpaat Pemberian Cicak Untuk Burung Cendet

Ya, anis macan tidak seberuntung anis kembang dan anis merah untuk jumlah populasinya, dan untungnya institusi di mancanegara, khususnya di 10 kebun binatang di eropa pada tahun 2011 yang berhasil mengembangbiakan anis macan.

Habitat Burung Anis Macan

Burung anis kembang cukup banyak di pelihara di jawa, dan anis macan ini termasuk jenis burung kelas lomba juga.

Nama anis macan sebenarnya hanya nama sebutan saja, untuk nama aslina merupakan anis nusa tenggara / chestnut-backed thrush, dan nama ilmiahnya oothera dohertyi / Geokichla dohertyi.

Dengan melihat dari namannya saja sebagian pembaca bisa menbak-nebak, burung ini berasal dari mana. Ya, anis macan merupakan hewan edemik yang berasal dari nusa tenggara, dan nama asli anis macan adalah anis nusa tenggara.

Ciri-ciri Anis Macan

Ciri-ciri burung anis macan bisa di lihat pada bagian tubuh bulunya, dimana warna yang mendominasi bulunya bewarna coklat.

Untuk tubuh bagian bawah anis macan memiliki warna bulu hitam, putih, kuning dan coklat, serta memiliki sisik-sisik yang uni pada tubuhnya. Sedangkan untuk paruhnya bewarna coklat gelap.

Perbedaan Anis Macan Jantan dan Betina

Untuk membedakan anis macan jantan dan betina bisa dilihat dari fisiknya, seperti :

  • Warna pada bulunya jantan anis macan lebih mengkilap di bandingkan dengan betina
  • Mata anis macan jantan terlihat menonjol
  • Paruhnya bewarna hitam yang pekat
  • Warna bulu ekornya bewarna hitam yang agak abu-abu
  • Cara berdiri anis macan jantan terlihat tegak

Suara Anis Macan

Anis macan memiliki karakter suara yang bervareasi dan lantang, dan tentunya bisa juga di gunakan sebagai pancingan untuk burung punglor lainnya, seperti anis kembang dan anis merah.

Nah itulah Burung Anis Macan : Habitat, Populasi, Ciri dan Perawatannya yang dapat admin sampaikan di kesempatan ini, semoga pembahasan diatas bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui burung tersebut secara lengkap.