Village Indigo, Burung Parasit Bersuara Merdu

Cherewed.com – Masih membahas informasi mengenai burung finch, diartikel seblumnya admin sudah membahas informasi mengenai 6 Jenis Burung Finch Yang Paling Banyak Penggemarnya, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas burung Village Indigo, Burung Parasit Bersuara Merdu. apakah anda tahu tentang jenis burung finch yang satu ini?

Ada bnyak jenis burung finch di dunia, termasuk yang dipelihara dan diternak di Indonesia. Salah satunya adalah village indigo atau yang sering disebut burung indigo. Burung ini termasuk keluarga Viduidae yang dikenal sebagai burung parasit. Meski begitu, suara kicauan village indigo cukup merdu dan bervariasi.

Di indonesia ada banyak yang memelihara maupun menangkar burung finch jenis ini. Namun, spesies ini bukanlah burung lokal Indonesia. Ada enam subspesies / ras burung village indigo, dan wilayah persebarannya hanya mencakup kawasan Afrika saja, yaitu :

  • Vidua chalybeata chalybeata ( Statius Müller, 1776): Ditemukan di selatan Mauritania, wilayah timur Senegambia hingga wilayah tengah Mali (Mopti), kemudian ke selatan menuju wilayah utara Sierra Leone dan Guinea.
  • Vidua chalybeata neumanni ( Alexander, 1908): Ditemukan di timur Mali dan utara Pantai Gading dan selatan Chad, Afrika Tengah, dan Sudan.
  • Vidua chalybeata ultramarina ( J. F. Gmelin, 1789): Ditemukan di Ethiopia dan utara Eritrea.
  • Vidua chalybeata centralis ( Neunzig, 1928): Wilayah persebarannya mencakup Kongo, Uganda, Kenya, dan Tanzania.
  • Vidua chalybeata okavangoensis (Payne, 1973): Dijumpai di Angola, Namibia, Zambia, dan Botswana.
  • Vidua chalybeata amauropteryx ( Sharpe, 1890): Ditemukan di Somalia, Tanzania, Mozambique, Zambia, Malawi, Zimbabwe, dan Afrika Selatan.

Burung village indigo memiliki panjang tubuh 11 – 12 cm. Burung jantan dewasa berwarna hijau kehitaman, namun pada musim kawin akan berubah menjadi biru kehitaman dan paruh tebal berwarna putih.

BACA JUGA :  Mengenal Burung Srigunting, Jenis, Habitat dan Harganya

Penampilan burung betina mirip burung gereja (house sparrow) betina, di mana tubuh bagian atas cokelat dan tubuh bawah kusam. Alisnya putih, paruh kekuningan. Burung muda mirip burung betina, namun tanpa alis. Sebagaimana keluarga Viduidae lainnya, village indigo termasuk burung parasit. Dia akan menitipkan telurnya pada sarang burung lain, terutama jenis red-billed firefinch.

Meski begitu, burung indigo tidak sama dengan burung parasit lain seperti kedasih atau cuckoo yang sering merusak telur inangnya. Burung indigo akan menyimpan telurnya yang berjumlah 2 – 4 butir bersama telur yang dihasilkan inangnya di dalam sarang.

Burung Village indigo ini memiliki banyak penggemarnya, dan memang disukai oleh para kicau mania di indonesia. karena burung indigo ini memiliki suara kicauannya yang ngerol dan penuh variasi. Terlebih apabila kita merawatnya sejak masih anakan, sehingga mudah dimaster dengan aneka suara kicauan burung kicau lainnya.

Bagaiamana menurut anda tentang burung village indigo ini? apakah setelah anda membaca artikel ini langsung tertarik untuk memeliharanya? itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Burung Village Indigo, Burung Parasit Bersuara Merdu, Semoga semua informasi yang disampaikan di situs cherewed.com bermanfaat untuk para pengunjung semuannya.