Tips Menangkar Burung Goldfinch Supaya Lebih Produktif

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai tips atau cara merawat burung Eurasian Siskin, Salah satu jenis burung kicau yang memiliki tampilan cantik dan menarik dengan suaranya yang merdu.

Dan dikesempatan ini juga admin akan memberikan informasi mengenai Tips Menangkar Burung Goldfinch Supaya Lebih Produktif, apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? Goldfinch termasuk salah satu jenis burung finch impor yang yang digemari para kicaumania di Indonesia.

Pada saaat ini harga burung gildfinch masih tinggi, Namun tidak menurunkan minat para kicau mania yang ingin menangkar maupun menyilangkannya dengan jenis burung finch lainnya, termasuk burung kenari.

European goldfinch atau lebih dikenal dengan nama goldfinch merupakan jenis burung yang umum ditemukan di Eropa, Afrika Utara dan wilayah barat Asia. Ada sekitar 14 subspesies atau ras yang terbagi dalam 2 kelompok yang disesuaikan dengan wilayah persebaran dan warna bulunya, yaitu kelompok carduelis dan caniceps. Namun Jenis goldfinch yang cukup popular adalah dari kelompok carduelis, yang memiliki mahkota kepala berwarna hitam.

Burung goldfinch jantan dan betina memiliki penampilan yang hampir sama, sehingga cukup sulit membedakan jenis kelaminnya, terutama sebelum matang seksual. Banyak individu goldfinch yang mengalami mutasi, serta munculnya goldfinch hibrida atau mule hasil kawin silang dengan jenis burung finch lainnya. Hal ini membuat identifikasi jenis kelamin semakin sulit.

Namun ada beberapa ciri yang bisa dijadikan referensi dalam melakukan sexing goldfinch, terutama untuk spesies burung yang masih asli dan belum bermutasi. Untuk ciri-cirinya silahkan simak dibawah ini.

Karakteristik Burung goldfinch jantan :

  • Mahkota berwarna merah lebih cerah dan mengelilingi bagian atas matanya.
  • Memiliki bulu-bulu berwarna hitam yang lebih tegas dan jelas.
  • Coretan kuning di bagian sayap lebih jelas.
  • Memiliki bentuk kepala yang rata.
  • Memiliki bentuk paruh yang lebih lebar.
  • Memiliki kemampuan berkicau.
BACA JUGA :  Jenis Dari Burung Rambatan Loreng Yang Pas Untuk Di Jadikan Masteran Burung Kicau Lain

Karakteristik Burung goldfinch betina :

  • Mahkota berwarna merah pudar dan berada jauh di atas matanya.
  • Warna hitam di bagian kepala dan sayapnya cenderung kusam.
  • Coretan kuning di sayap lebih tipis dan kurang tegas.
  • Memiliki bentuk kepala yang bulat.
  • Memiliki bentuk paruh yang sama lebar.
  • Tidak memiliki kemampuan berkicau, namun hanya memiliki suara panggilan (call) saja.

Untuk keberhasilan penangkarannya, selain memerlukan sepasang burung yang berbeda jenis kelamin, diperlukan juga kandang dan lokasi bersarang yang nyaman dan aman dari gangguan hewan lainnya.

Menyediakan pakan yang tepat juga bisa membantu keberhasilan penangkarannya, terutama membuat burung indukan menjadi lebih produktif. Inilah beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada goldfinch :

  1. Pakan biji-bijian : Campuran canary seed, niger seed, selada hitam, hemp seed, dan biji kuaci yang telah ditumbuk kasar.
  2. Pakan sayur-sayuran : wortel, mentimun, selada, daun kubis, dan-lain-lain.
  3. Tanaman liar: Krokot, dandelion atau randa tapak, serta beragam jenis tanaman liar lain yang bermanfaat.

Tips dalam menangkar burung goldfinch:

  • Menjodohkan sepasang goldfinch bisa dilakukan dengan menempelkan sangkar mereka secara berdampingan, atau memasukkan keduanya dalam sangkar khusus yang dilengkapi dengan sekat pembatas.
  • Untuk mempercepat proses perjodohan, sangkar yang berisi goldfinch betina dilengkapi dengan tulang sotong dan eggfood.
  • Untuk membantu mempercepat birahi goldfinch jantan, pakan yang diberikan berupa hemp seed/fumayin dan biji kuaci yang telah dihaluskan/ditumbuk kasar.
  • Jika betina mulai menyusun sarang dan pejantan tampak lebih aktif berkicau di hadapan betinanya, maka itu artinya Anda sudah bisa menyatukan keduanya dalam kandang ternak yang akan digunakan.
  • Sarang sebaiknya ditempatkan pada tempat tersembunyi, atau bisa juga dilengkapi dengan daun-daun buatan yang rindang.
BACA JUGA :  Mengetahui Penyebab Lovebird Sering Turun Ke Dasar Sangkar Paling Lengkap

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tips Menangkar Burung Goldfinch Supaya Lebih Produktif, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang memlihara burung Goldfinch. Salam kicau mania!