Tips atau Cara Merawat Burung Punai Tanah

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai burung punai, dan dikesempatan kali ini admin juga akan memberikan informasi mengenai Tips atau Cara Merawat Burung Punai Tanah. burung punai merupakan salah satu jenis burung populer di indonesia, selain bisa dirawat untuk kesenangan burung ini juga sering dikonsumsi karena memiliki citarasa yang enak.

Jika anda berniat untuk memeliharanya untuk burung hiasan ataupun untuk dijadikan konsumsi, tentunya tetap burung tersebut harus diberikan perawatan yang tepat untuk menjaga kondisi burung tersebut tetap sehat. maka dari itulah disini admin akan memberikan tips cara merawat burung punai tanah yang baik.

Cara Terbaik Merawat Burung Punai

Mempersiapkan Kandang

Kandang punai disesuaikan dengan jumlah burung yang dipelihara. Semakin banyak jumlahnya maka semakin besar juga kandangnya. Banyak yang bertanya apakah aman memelihara burung punai lebih dari satu atau banyak dalam satu kandang? jawabannya sangat aman karena di alam bebasnya mereka juga hidup berkoloni dan juga punai bukan seperti merpati yang memiliki satu pasangan sehingga dia bisa berganti-ganti pasangan saat kawin.

Tempatkan kandang diluar rumah yang sirkulasi udaranya baik dan juga mendapatkan sinar matahari yang cukup supaya tetap terjaga kesehatannya. Kalau ditempat yang kurang sinar matahari nantinya akan lembab sehingga kuman dan bakteri penyakit akan dengan mudah datang ditambah tidak terkena matahari membuat daya tahan tubuhnya menurun.

Menjaga Kebersihan

Setelah kalian menempatkan kandangnya di tempat yang sirkulasi udaranya bagus dan cukup mendapatkan sinar matahari, kalian juga wajib menjaga kebersihan kandangnya setiap hari. karena kotoranya bau juga akan membuat dia tidak nyaman dan terhindar dari kotoran yang menjadi sarang penyakit. Seminggu sekali diberi desinfektan supaya lebih steril ya apalagi kalau kalian memeliharanya banyak.

Mempersiapkan Makanan Yang Cukup

Yang terakhir yang terpenting ialah kalian mempersiapkan asupan makanan yang cukup selain dari jumlahnya dan juga kandungan gizinya harus terpenuhi, Selain dia memakan bijian sebagai sumber protein yang juga menjadi bahan bakar energinya. kalian juga bisa memberikan dia buahan seperti pisang dan pepaya supaya pencernaannya lancar dan juga mendapatkan asupan vitamin yang baik.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat

Selain makanan kalian juga harus memperhatikan minumannya selain yang cukup dan juga usahakan air matang karena kalau air dari keran langsung masih terkandung mikroba didalamnya yang bisa mengganggu kesehatannya. Pemberian makanan yang bergizi baik membuat dia semakin tumbuh besar dan juga memiliki potensi yang baik kalau kalian memeliharanya sebagai burung hias dirumah.

Itulah Tips atau Cara Merawat Burung Punai Tanah yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai jenis perawatan semua burung di situs cherewed.com.