Racikan Jamu untuk Burung Derkuku Agar Rajin Manggung

Cherewed.com –  Burung derkuku atau tekukur merupakan sejenis burung merpati kecil yang memiliki paruh, berekor agak panjang, berdarah panas, dan bereproduksi dengan cara bertelur. Karakter fisik burung derkuku lazimnya berukuran sedang, kurang lebih 30 senti meter, memiliki tubuh berwarna coklat kemerah jambuan. Berekor panjang dan bulu ekor terluar memiliki tepi warna putih tebal.

Bulu sayap lebih gelap dibanding tubuh. Ada bercak-bercak hitam putih khas pada leher. Iris jingga, paruh hitam, kaki merah. Burung Derkuku sering kita jumpai dan hidup dekat dilingkungan kita dengan mencari makan di permukaan tanah. Sering duduk berpasangan di tempat terbuka. Bila terganggu terbang rendah di permukaan tanah, dengan kepakan sayap pelan.

Nah bagi anda yang memelihara burung derkuku dan ingin burung derkuku/tekukurnya rajin manggung, silahkan simak pembahasan di artikel ini sampai selesai. dan berikut ini akan kami sampaikan cara perawatannya.

Perawatan Burung Derkuku

Supaya burung derkuku rajin manggung tentunya perawatan harian yang rutin perlu untuk dilakukan dan pemberian pakan yang berkualitas itu wajib, Nah berikut ini Racikan Jamu Untuk Burung Derkuku Agar Rajin Manggung bisa langsung anda simak.

Pakan Burung Derkuku

Pakan yang berkualitas, terutama pakan yang kumplit tentunya akan membantu memenuhi gizi burung dan nantinya burung akan menjadi rajin manggung. Untuk pakannya bisa memberikan pakan berupa kacang hijau, ketan hitam, milet merah, milet putih, gabah bangkok, jewawut dan beras merah.

Mandikan Burung Derkuku

Mandikan burung derkuku setiap pagi, bisa dengan menggukanan semprotan atau merendam burung derkuku dengan air hangat,dan setelah itu burung di angin-anginkan dan setelah itu di jemur.

Jemur Burung Derkuku

BACA JUGA :  Cara Memaster Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang dan Bervareasi/Isian

Burung di jemur setelah di mandikan, sekitar jam 07.00 hingga jam 10 pagi, jangan menjemurnya di atas jam 10, karena panas mataharinya terlelu terik. Sebagai recomendasi setiap 2 hari sekali, jemur burung derkuku menggunakan kerekan.

Jamu Burung Derkuku

Untuk membuat jamu burung derkuku bisa menggunakan bahan-bahan herbal, seperti temu lawak, kencur, kunyit, sedikit jahe dan 1 kuning telur ayam kampung/bebek. Tumuk atau blender bahan-bahan herbal tersebut hingga halus, dan nantinya herbal tersebut bisa di buat kapsul atau mencampurkannya dengan pakan biji-bijian.

Kapsul Jamu

Untuk membuat kapsul dari jamu-jamu, terlebih dahulu herbal yang sudah di haluskan tersebut di bulat-bulat kecil, seukuran mulut burung, lalu di jemur hingga kering, dan setelah kering bisa di berikan pada burung derkuku.

Racikan Biji-bijian dan Herbal

Jika anda lebih suka mencapurkan herbal bersama pakan biji-bijan, maka pakan dari biji-bijian tersebut di keringkan terlebih dahulu dengan menjemurnya, lalu campurkan herbal seperti dan 1 kuning telur ayam kampung/bebek, kunyit, kencur, temu lawak dan sedikit jahe yang sudah dihaluskan. Setelah di campurkan pakan biji-bijian dan jamu-jamuan tersebut, biarkan meresap terlebih dahulu dan simpan hingga beberapa jam, setelah itu jemur hingga kering.

Bagi anda yang memelihara burung derkuku  di rumah, silahkan bisa mencoba Racikan Jamu untuk Burung Derkuku Agar Rajin Manggung yang sudah admin sampaikan diatas, Kami ucapakan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com. anda juga dapat membaca informasi-informasi lainnya mengenai pembahasan berbagai jenis burung di indonesia.  semoga bermanfaat dan salam kicau mania!