Perawatan Burung Pipit Matari

Cherewed.com – Bagi para penghobby burung kicau pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini, ya burung pipit matari, burung ini termasuk salah satu jenis burung finch, dan hanya bisa ditemukan di Papua serta Australia. Penampilannya yang cantik dengan wajah merah dan ekor runcing menarik perhatian para penggemar finch untuk merawat dan membudidayakannya.

Burung Pipit matari memiliki tubuh berukuran kecil dengan panjang sekitar 13 cm. Bagian muka hingga dada berwarna merah terang, perut putih, punggung dan sayap cokelat, kaki kuning, dan ekor berbentuk meruncing.

Yang menarik, spesies ini hanya terdiri atas dua ras / subspesies, dengan wilayah persebaran yang berbeda, serta memiliki sedikit perbedaan penampilan. Kedua ras tersebut adalah:

1. Neochmia phaeton phaeton

Ras ini mempunyai wilayah persebaran mulai dari wilayah utara Australia Barat, wilayah utara Northern Territory, hingga Queensland. Pipit matari ras australia memiliki perut berwarna hitam, sehingga dalam literatur perburungan internasional disebut black-bellied crimson finch.

2. Neochmia phaeton evangeline

Ras ini memiliki wilayah persebaran di wilayah selatan Papua dan ujung timur-laut Austalia. Pipit matari ras papua memiliki perut berwarna putih, dengan ekor lebih pendek daripada saudaranya yang ada di Australia.

Pipit matari hidup dalam kelompok burung kecil atau dalam kawanan besar bergerombol, bercampur bersama jenis pipit lainnya seperti bondol. Mereka memiliki habitat beragam, seperti savana, hutan bambu, padang rumput yang berawa, areal perkebunan, hingga daerah dengan rumput tinggi di dekat danau atau tepian sungai.

Perawatan burung pipit matari

Terkadang kita bisa menemukan burung pipit matari di pasar burung, bahkan ada juga yang menjualnya via media jual-beli onlie. Perawatannya relatif mudah, karena burung ini mudah untuk beradaptasi dan cepat jinak. Tetapi jika Anda ingin menangkarkannya, diperlukan trik khusus agar proses penangkaran bisa berjalan sesuai harapan.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Takur

Secara umum, pipit matari termasuk burung koloni sehingga bisa disatukan dengan jenis burung finch lainnya dalam kandang aviary atau kandang koloni.

Meski demikian, burung pipit matari dapat berlaku sangat agresif dan kerap menyerang burung lain, terutama saat berkembang biak. Karena itu, diperlukan kadang breeding tersendiri jika Anda memang ingin menangkarkannya.

Jenis pakan yang bisa diberikan dalam perawatan hariannya antara lain :

  • Biji-bijian, termasuk yang biasa diberikan kepada kenari.
  • Sayur-sayuran seperti mentimun, daun bayam, sawi, wortel, dan sebagainya.
  • Pakan hidup seperti ulat hongkong, baik yang masih hidup maupun sudah dikeringkan /ulat hongkong kering.
  • Telur, yang disajikan dalam bentuk telur rebus atau sudah diolah menjadi egg food.
  • Multivitamin seperti BirdVit yang sangat penting untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat dan selalu aktif.
  • Asinan, seperti tulang sotong atau kulit telur yang dihancurkan dan dibuat bubuk.

Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Perawatan Burung Pipit Matari, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang memelihara burung tersebut. salam kicau MANIA!