Mengenal Jenis Burung Punai, Mitos dan Makanan

Cherewed.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai jenis burung punai, Bagi para penghoby burung tentunya sudah tahu dengan jenis burung punai. Burung punai merupakan salah satu jenis burung berukuran sedang dari keluarga Columbidae dan Genus Treron. Burung yang masih memiliki kekerabatan dengan burung merpati ini tergolong jenis burung arboreal yang beraktivitas di atas pohon, memamakan buah-buahan.

Burung yang dikenal dengan sebutan green pigeon dalam bahasa inggrisnya pesebarannya cukup luas mulai dari Asia sampai afrika. Penyebaran burung punai hanya dapat ditemukan di Benua Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Cina, Hongkong, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, India, Laos, dan Vietnam.

Mengenal Jenis Burung Punai

Karakteristik

Saat pertama kali ditemukan ia dinamai Columba vernans pada tahun 1771 yang diambil dari kata vernantis yang berarti luar biasa. ada beberapa spesies merpati hijau merah muda.

Namun dia dikenal secara umum dengan merpati hijau leher merah muda dan di negara kita familiar dengan Burung Punai. Dia memiliki panjang tubuh berkisar 25 sampai 30 cm, dan bobotnya mencapai 150 gr.

Terdapat perbedaan warna bulu pada jantan dan betina, yang jantan berwarna hijau zaitun pada bagian belakang dan bagian sayap berwarna hijau. bulu di bagian kepala berwarna abu-abu, leher hingga ke dada atas berwarna pink dada ke bawah berwarna oranye.

Sedangkan yang betina ukurannya lebih kecil dari pejantan, warnanya sebagian besar bulunya hijau ke kuningan, dari tenggorokan sampai ke bagian tubuhnya berwarna hijau.

Penyebaran Dan Habitat

Habitat aslinya berada di hutan dataran rendah dan tinggi. bisa juga hidup di hutan bakau serta rawa – rawa. Dia termasuk burung yang dapat berinteraksi dengan mudah. Dia bisa terbang sampai ketinggian 50 meter dan kecepatan 40 km/jam nya. Ditemukan pertamakasi di kasawan Myanmar dan Vietnam dan kini terdapat di negara-negara Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Manfaat Cabai Untuk Burung Pleci

Makanan Burung Punai

Dia termasuk burung pemakan bijian dan buah-buahan, Dialam liarnya mereka berkelompok mendatangi pohon-pohon dan memakan buahnya pada waktu fajar sampai menjelang petang. Setelah itu mereka kembali untuk beristirahat tidur dai sarangnya masing-masing. Untuk buah yang ukuran kecil sebesar anggur dia bisa memakan 10 sampai 20 butir.

Mitos

Cerita rakyat dari daerah Kalimantan dimana ada cerita tentang tujuh bidadari dan datu pulut dimana suatu hari hiduplah pemuda yatim piyatu dimana dia berjalan ditengah hutan.

Dia lalu memutuskan untuk memulut burung untuk bertahan hidup, karena kepiawaiannya memulut burung orang-orang mengenalnya dengan datu pulut. suatu hari dia mendenganr suara burung yang merdu.

Dia semakin mendekat dan menemukannya dibalik pohon, bukan burung dia melihat 7 bidadari yang sedang mandi di danau di dekat hutan setelah itu di pemuda mengambil selendang bidadari.

Akhirnya mereka menikah dan suatu hari dia menemukan selendang dan memutuskan kembali ke kayangan, dan dia berpesan untuk mengayun anaknya dibawah pohon ketika menangis. dan dia pun berubah menjadi burung punai.

Harga

Harga burung punai terbaru di tahun ini sebagai acuan ketika kamu akan membelinya Untuk sepasang penganting dia dihargai Rp250.000 sampai Rp300.000, Harga burung punai hijau leher merah muda cukup mahal mencapai Rp350.000 per ekornya. sedangkan sepasang penganting mencapai Rp700.000 perpasang.

Saya ucapkan terimakasih kepada anda yang telah membaca informasi yang sudah admin sampaikan diatas, senoga informasi tersebut bermanfaat!