Mengenal Burung Prenjak Lumut

Cherewed.com – Dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai burung prenjak lumut, bagi para kicau mania tentunya tahu dengan jenis burung yang satu ini. Burung Prenjak Lumut merupakan salah satu jenis dari salah satu burung kicauan yang memiliki tubuh kecil mungil dan banyak dipelihara oleh parapecinta burung kicauan.

Burung yang memiliki postur tubuh mungil ini punya suara kicauan yang keras serta terdengar melengking dengan beberapa variasi kicauan yang bisa dikatakan unik. walaupun burung ini masih kalah populer dengan burung prenjak kepala merah atau prenjak tamu, namun Prenjak Lumut tetap memiliki penggemarnya sendiri. Pada umumnya burung ini lebih banyak dipelihara untuk digunakan sebagai burung masteran.

Ciri-ciri Burung Prenjak Lumut

Untuk beberapa jenis prenjak ada yang memiliki tubuh yang mirip dengan prenjak lumut, seperti burung prenjak kepala merah.

Dan untuk ciri-ciri prenjak lumut diantaranya :

  • Ukuran tubuhnya kecil, hanya sekitar 10 cm
  • Terdapat warna merah karat di bagian atas kepalanya
  • Bagian sisi kepalanya bewarna putih
  • Memiliki warna bulu kuning dibagian mata dan alisnya
  • Sayapnya bewarna hijau zaitun
  • Dagu hingga tungir bagisn bawah memiliki warna bulu yang keabu-abuan

Ketika di alam liar, prenjak lumut biasa hidup berkelompok dalam jumlah kecil, dan ketika mencari makanan, prenjak lumut biasa mencari makanan di sekitar daun pepohonan untuk mendapatkan makanan berupa ulat dan serangga kecil.

Tips membedakan prenjak lumut jantan dan betina

Sebelum anda merawat burung prenjak lumut ini setidaknya harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin agar tidak salah memilihnya, pilihlah yang berjenis kelamin jantan tentunya yang sudah pasti memiliki mental, vokal atau suara yang lebih kencang dan bervariasi suara kicauannya. Berikut untuk membedakan ciri-ciri prenjak lumut yang jantan atau betinanya :

BACA JUGA :  Tips Atau Cara Menumbuhkan Mental Burung Kenari Usai Mabung

1. Bentuk ekor

Jika dilihat dari bentuk ekor, bagi yang jantan ada ekor jago di tengah yang menjuntai lebih panjang dengan ekor yang samping kanan dan kirinya, berbeda dengan betinanya bentuk ukuran panjang ekor sejajar rata hampir mirip seperti kipas.

2. Warna bulu dada atas

Dan dibagian dada punggung atasnya, apabila jantan memiliki warna yang ijo terang, apabila betina seperti terlihat semu, samar dan pudar.

3. Mata

Tatapan atau sorot mata yang dimiliki sang jantan terlihat lebib tajam dan yang betina tatapan matanya seperti layu senyap kurang serem.

4. Kepala

Jika dilihat dari warna bulu di daerah pas diatas kepalanya, bagi yang berjenis kelamin jantan pasti lebih terlihat semu-semu berwarna kemerahan ataupun pekat cokelat ya temen-temen. Dan untuk yang betina sebalinya yang terlihat warna jelas kemerah-merahan pada bagian bulu dikepalanya ya.

5. Bagian dada bawah pinggir

Jika anda amati pada bagian bulu dada bawah pinggir dikanan maupun disebelah kiri apabila ada bulu garis loreng berwarna hitam, sudah pasti berjenis kelamin jantan, berbeda dengan betina yang memiliki warna putih bersih semua pada bagian dada di bagian bawah pinggir sayapnya.

Suara Prenjak Lumut

Yang menjadikan daya tarik prenjak lumut adalah suara tembakannya, dimana suara tembakannya terdengar rapat dan keras.

Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Mengenal Burung Prenjak Lumut, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara burung prenjak lumut. semoga sukses selalu. salam kicau mania!