Mengenal Burung Pleci Wallacea Dan Cara Merawatnya

Cherewed.com – Bagi para penghoby burung atau kicau mania tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. ya burung Pleci Wallacea, burung ini merupakan salah satu burung kicau yang populer dikalangan para pecinta burung.

Burung Pleci wallacea atau burung pleci kepala emas atau juga kacamata kepala emas memiliki ciri-ciri yaitu memiliki warna bulu bagian perut putih,warna bulu punggung kuning,warna bulu pada bagian tenggorokan hingga muka kuning keemasan atau lebih cerah dari warna bulu pada bagian punggung.

Habitat Burung pleci wallacea ini biasanya antara 1.000-1.200 meter di atas permukaan laut. Burung ini Suka mendiami Area perbukitan yang memiliki banyak pohon-pohon lebat. Kadang juga ditemukan di daerah padang rumput yang memiliki tanaman perdu.

Persebaran Pleci Wallacea

Pleci wallacea merupakan burung edemik dari Nusa Tenggara Barat dengan persebaran di sekitar sumba, Flores, Lomblen, besar, komodo dan Sumbawa. Kebiasaan hidup pleci wallacea bisa menempati tepi hutan, semak-semak, hutan primer, rumpun rimbun dan hutan sekunder dan primer dengan ketinggian 1.050 dari permukaan laut.

Ciri-ciri Burung Pleci Wallacea

Sekilas ciri pleci wallacea dengan pleci lainnya hampir serupa, namun memiliki perbedaan yang cukup mencolok, seperti :

  • Panjang tubuh 11 cm
  • Warna bulu bagian tenggorokan, muka dan dahinya kuning
  • Bulu tunggirnya kuning
  • Warna bulu perutnya keputihan
  • Warna bulu pada bagian lingkar mata kuning terang ( tidak seperti pleci lainnya yang memiliki warna putih )
  • Pleci wallacea sering di sebut pleci kepala emas, karena memiliki warna kuning di bagian kepalanya
BACA JUGA :  Fakta Burung Bangau Mahkota Merah, Kini Sudah Sangat Langka

Perbedaan Pleci Wallacea Jantan dan Betina

Untuk mengetahui ciri-ciri pleci wallacea jantan dan betina memang cukup sulit, hanya saja ukuran jantan lebih besar dari betina dan bobot tubuh jantan lebih berat dari betina.

Cara Merawat Burung Pleci Wallacea

Dalam perawatan pleci wallacea, memberikan pakan menjadi hal penting untuk di berikan dengan pakan yang lengkap dan takaran yang pas dan ragam perawatan harian lainnya.

1. Makanan

Pakan utama dari pleci berupa serangga dan buah-buahan dan bisa diberikan pakan tambahan berupa Nekstar. Kamu bisa membeli Nekstar di kios burung atau bisa membuatnya sendiri dengan campuran gula dan air, atau bisa memberikan madu karena dengan pakan ini dapat membuat burung jadi rajin bunyi dan aktif.

Berikan pakan ulat kandang ( yang bewarna putih ) untuk pleci wallacea, karena dengan memberikan pakan ini bisa membuat burung mudah terpancing dan menjadi rajin berkicau.

2. Perawatan Harian

  • Rajin di embunkan tiap pagi, karena bisa merangsang untuk mengeluarkan suara isian dengan volume yang lantang
  • Sambil di jemur tiap pagi, simpan pleci di kandang umbaran untuk melatih fisik dan merangsang pleci bersuara lantang dan mengeluarkan suara isiannya dan sambil memasternya
  • Rajing gantang pleci dekat dengan pleci lainnya agar rajin bunyi dan mengeluarkan suara isian dan saling bersautan dengan pleci lainnya
  • Lalukan pemasteran, pagi, siang dan sore setiap hari dengan 3 jenis variasi suara

Suara Burung Pleci Wallacea

Suara kicauan dari pleci Wallace memiliki irama kicauan yang bervariasi dan volume suara kencang ketika membawakan suara kicauannya suara ngerol pendek dan terkadang mengeluarkan suara ngeriwik dengan volume yang kencang.

Itulah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Burung Pleci Wallacea Dan Cara Merawatnya, informasi ini kami ambil dari berbagai sumber. semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai burung tersebut. salam kicau mania!