Mengenal Jenis Burung Pijantung, Makanan, Habitat dan Harganya

Cherewed.com – Apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini?Burung pijantung merupakan Burung yang memiliki paruh panjang melengkung, jenis burung ini terdiri atas beberapa jenis atau spesies. Sebagian bisa dijumpai di lingkungan sekitar kita, bahkan ada juga yang memeliharanya.

Burung Pijantung merupakan kelompok burung dari genus Arachnothera, dan masih berada dalam keluarga Nectariniidae. Dibandingkan dengan anggota keluarga Nectariniidae lainnya, seperti burung-madu dan burung isapmadu, pijantung memiliki postur tubuh lebih besar, dengan paruh yang panjang.

Panjang tubuh burung pijantung ini bervariasi mulai dari 13 cm hingga 22 cm, tergantung dari spesiesnya. Ukuran tubuh yang besar dan paruhnya yang panjang melengkung inilah yang membedakan pijantung dari kerabat dekatnya seperti burung-madu dan isapmadu.

Habitat aslinya di dataran rendah makanan aslinya nektar dan serangga. saat dia bertelur pada bulan Januari sampai Oktober dan telurnya berwarna putih berbintik merah. maksimal 2 butir tiap kali bereproduksi. Ada beberapa jenis burung pijantung, salah satunya akan admin sampaikan dibawah ini :

Jenis Jenis Burung Pijantung

1. Pijantung Kampung

sering juga disebut sebagai spiderhunter karena dia juga memakan laba-laba dan mengambil sarangnya untuk mengikat tempat tinggalnya, dengan ukuran tubuh 16 cm, paruhnya pendek, warna bulu abu-abu pada bagian tenggorokan. memiliki garis melingkar di bagian mata yang cukup terlihat. penyebarannya di Sumatera, Kalimantang hingga ke Malaysia.

2. Pijantung Kecil

Dia berukuran terkecil dibanding jenis lainnya sekitar 15 cm saja. Bulu pada daerah tubuhnya memiliki warna hijau seperti buah zaitun, bulu tenggorokan putih dan pada bagian bawah berwarna kuning terang. dia sangat senang memakan nektar jenis tumbuhan jahean itulah sebabnya banyak ditemukan di rimbunan pohon jahe.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Jalak Suren Yang Baik Untuk Harian Agar Cepat Gacor

3. Pijantung Besar

Sesuai dengan namanya dia memiliki ukuran tubuh paling besar yakni 23 cm. Memiliki nama latin Arachnothera Robusta. Dialam bebas dia tidak hanya memakan nektar sebagai asupan makanan dia juga pemangsa laba-laba sehingga disebut juga spiderhunter. Meskipun ukuran tubuhnya besar tetapi tidak gemuk dia ramping dan ukuran paruh cukup panjang.

4. Pijantung Tasmak

Disebut juga pijantung kacamata karena di bagian matanya ada lingkaran yang menyerupai kacamata. paruhnya melengkung dan kuat tetapi ukurannya pendek. tubuhnya panjang dan langsing dengan ukuran berkisar 22 cm. Unggas jenis ini biasanya ditemukan di wilayah Sumatera dan kalimantan. diarea perkebunan kelapa dan sawit.

Makanan

Karena dia termasuk burung pemakan nektar sudah pasti dia menghisap sari-sari tumbuhan. tetapi bukan dari bunga melainkan dari pohon pisang dan juga jahe-jahean itulah penyebab paruhnya berbeda dari kolibri yang juga penghisap nektar. dia juga memangsa serangga kecil disekitarnya yang disuakinya ialah laba-laba.

Harga Burung Pijantung Terbaru

Dipasaran memiliki harga yang relatif murah, hal ini karena bukan burung lomba di gantangan. biasanya dipelihara sebagai masteran saja. bisa di beli ombyokan dengan harga antara 35 hingga 50 ribu rupian. Sedangkan untuk yang sudah gacor dia dibandrol mencapai 150 ribu.

Suara

Memiliki suara yang merdu dan nyaring. kicauannya juga bervariasi sehingga menarik hati para kicau lovers untuk menjadikannya materi pemasteran burung.

Nah itulah informasi mengenai Jenis Burung Pijantung, Makanan, Habitat dan Harganya yang dapat admin sampaikan, semoga pembahasan yang sudah admin sampaikan diatas bermanfaat bagi anda yang memelihara burung pijantung.