Mengenal Burung Murai Air Dan Perawatannya

Cherewed.com – Sebagaian para kicau mania tentunya sudah pernah mendengar tentang jenis burung yang satu ini. Burung murai air, burung ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara crecetan yang panjang seperti suara burung cililin, namun speednya lebih cepat dari cililin, namun volumenya kalah keras dari burung cililin.

Burung ini memiliki banyak nama sebutan, seperti murai cai, murai kopi, murai air mancur, dll. Bahkan di Malaysia, murai batu sering di panggil dengan nama burung sibia ekor panjang atau murai rimba ekor panjang.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui tentang burung murai air, seperti ciri-ciri, habitat, cara perawatannya, silahkan simak artikel ini sampai selesai, karena akan kami kupas secara tuntas.hehee

Ciri-ciri Murai Air

Kisaran besar ukuran tubuh burung murai air ini hampir sama dengan jenis burung murai batu dengan ciri-ciri fisik seperti :

  • Bulunya bewarna abu-abu yang kecoklatan pada tubuh bagian atasnya
  • Meiliki warna bulu coklat muda/abu-abu muda pada bagian tubuh bawahnya
  • Pada bagian tengah sayapnya terdapat noktah putih
  • Bagian bawah ekor murai batu terdapat noktak putih dalam jumlah yang cukup banyak
  • Panjang tubuhnya mulai dari pangkal ekor hingga ujung kepalanya mencapai 20 – 22 cm
  • Bentuk ekornya kaku
  • Panjang ekor 20 – 22 cm
  • Bulu sayap panjang, melebihi pangkal ekornya
  • Memiliki paruh runcing, tipis dan panjang
  • Warna paruh bewarna hitam
  • Warna matanya kehitaman atau abu-abu gelap untuk yang masih anakan, sedangkan untuk dewasa matanya merah gelap
  • Kakinya bewarna hitam
BACA JUGA :  3 Jenis Vitamin Burung Kenari Yang Cocok Dan Tentunya Sudah Terbukti Khasiatnya

Perbedaan Burung Murai Air Jantan dan Betina

Karena burung murai air jantan dan betina memiliki fisik yang sama, maka cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung murai air lumayan cukup sulit. Namun ada beberapa perbedaan dari sisi suara murai air betina, dimana suara crecetannya lebih panjang di bandingkan dengan jantan, namun volume suara kicauannya tidak sekencang jantan. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagian kloakanya, dimana kloaka jantan lebih sempit ketika di pegang, sedangkan untuk betina bagian kloakanya terasa longgar ketika di raba.

Habitat dan Perilaku

Di alam liar (Habitatnya), burung murai air biasa hidup di semak belukar, tepi hutan, hutan sekunder dan primer dengan ketinggian di permukaan laut 100 – 3.000 meter. Mereka biasa hidup berkelompok kecil, dan hidup dengan jenis murai air laut lainnya sekitar 4-15 ekor dan hidup berdampingan dengan burung lainnya.

Pada musim berkembangbiak, murai air akan membuat sarang dengan meletakan ranting pohon pada cabang diatas 6-9 meter di permukaan tanah yang terbuat dari daun kering dan lumut dengan membentuk sarangnya menyerupai cawan.

Kelebihan Burung Murai Air

Burung ini terkenal dengan mental yang agresif, sangat aktif dan rajin berkicau, dan bahkan saking mentalnya bagus, ketika di gebrak sangkarnya pun burung ini malah berkicau dan ketika di pindahkan sangkarnya burung ini akan tetap bunyi kalau burung ini sudah gacor. Karena mentalnya sangat bagus, burung ini cocok untuk melatih burung murai batu akan bermantal bagus lagi.

Perawatan Burung Murai Air

Untuk memelihara burung murai air, sebaiknya beli murai air yang sudah ngevoer, karena burung ini tergolong liar susah dikendalikan, untuk itu beli yang sudah ngevoer untuk memudahkan dalam melakukan perawatannya. Memeliahara burung murai air untuk masteran ataupun untuk kicauan, anda tidak perlu memilih jenis kelamin tertentu untuk menggunakannya, karena burung murai air betina memiliki suara crecetan panjang di bandingkan dengan jantan, dan bahkan bagus untuk masteran blackthroat.

BACA JUGA :  5 Ciri Ciri Yang Paling Akurat Burung Murai Borneo Di Lihat Dari Segi Fisiknya

Makanan Murai Air

Untuk memberikan pakan untuk murai batu anda bisa memberikan pakan yang biasa doi konsumsinya di alam liar seperti biji-bijian, buah-buahan, kuncup bunga dan serangga.

Demikianlah artikel mengenai Mengenal Burung Murai Air Dan Perawatannya, semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada anda para pengunjung situs cherewed.com. dan anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai jenis burung peliharaan di sitsus ini.