Mengenal Burung Manyar, Ciri, Makanan Dan Habitat

Cherewed.com – Anda yang baru masuk ke dunia kicau mania atau penghobby burung tentunya sedikit asing tentang jenis burung yang satu ini, Burung manyar, diartikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai burung yang satu ini, namun dari segi harganya.

Burung manyar merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki tubuh kecil dan mungil, namun burung ini memiliki suara yang tidak kalah bagusnya dengan burung kicau lainnya. burung manyar kerap dijadikan sebagai burung kicauan yang dapat memikat hati. Disebut sebagai burung yang senang bersosialisasi, lantaran mereka dapat berkumpul dengan jenis burung lainnya dan dengan mudah berbaur di kawanan tersebut.

Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui tentang burung manyar, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Ciri dan Karakter Burung Manyar

Burung manyar memiliki tubuh sedang seperti pada kenari dia memiliki tubuh yang ramping serta bulu berkombinasi coklat susu dan coklat gelap. Pada beberapa jenis burung manyar seperti jambul dan tempua terdapat bulu berwarna kuning terang dibagian dada dan kepalanya. Dia juga memiliki pola bulu unik dan rapih seperti hasil pola batik seperti itu. Dia bukan tipe burung yang setia karena pejantannya biasanya mengawini lebih dari satu betina bisa 2 bahkan 3 atau lebih. Dari sini kalian juga bisa mengawinkannya pada bulan april hingga oktober.

Jenis – Jenis Burung Manyar

Pada pembahasan selanjutnya kita akan mengenal jenis-jenis dari burung manyar, dimana di Asia Tenggara terdapat empat jenis burung manyar dan tiga diantaranya ditemukan di kawasan Indonesia.

BACA JUGA :  10 Cara Merawat Burung Murai Batu Mabung Agar Cepat Tuntas Yang Sudah Terbukti

Burung manyar di Indonesia memiliki marga Ploceus yang merupakan anggota dari Ploceidae. Manyar yang terdapat di Indonesia mulai dari burung tempua, manyar jambul dan juga burung manyar emas.

Manyar jambul memiliki bulu berwarna hitam dan coklat susu dengan pola bulu yang unik seperti batik serta pada bagian kepalanya berjambul berwarna kuning terang. sedangkan pada yang berkelamin betina jambulnya terlihat samar tidak terlalu jelas. Pada manyar tempua berwarna kuning pada bagian kepala dan juga bulu kuning terang terdapat pada bagian bulu dadanya.

Makanan Burung Manyar

Manyar sendiri merupakan granivora atau burung pemakan bijian, di alam bebasnya dia hidup di ladang dan perkebunan serta area persawahan sehingga dia dapat dengan mudah memakan bijian untuk memenuhi asupan makanan hariannya. Dalam perawatan kalian bisa memberikan milet, jewawut, biji padi dan beras merah sebagai asupan makanannya bisa juga diberi buahan seperti timun dan tomat.

Habitat Asli Burung Manyar

Dari empat jenis manyar yang tersebar di kawasan Asia Tenggara tiga jenis diantaranya ditemukan di Indonesia. dia biasanya hidup di area terbuka seperti persawahan, perkebunan dan area terbuka lainnya.

Nah itulah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Mengenal Burung Manyar, Ciri, Makanan Dan Habitat, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. salam sukses selalu.