Mengenal Burung Bubut Jawa

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah membahas informasi mengenai burung Jalak kapas, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas burung yang sudah hampir punah, yaitu burung bubut jawa, apakah sobat pernah mendengan tentang burung ini?

Burung bubut jawa merupakan salah satu burung endemik di Pulau Jawa. Ciri khas dari burung ini yaitu postur tubuhnya besar, dengan panjang kurang lebih sekitar 46 cm. Warna tubuhnya hitam mengkilat, mulai dari kepala, punggung, paruh, kaki, dan ekornya. tetapi bagian sayapnya yang berwarna merah-karat, dan juga untuk bagian iris mata merah menyala.

Untuk burung bubut jawa yang berjenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada burung jantan. Namun untuk membedakan jenis kelamin burung ini lumayan sulit. Karena penampilan fisik burung jantan dan burung betina relatif sama.

Habitat Burung Bubut Jawa

Burung Bubut jawa merupakan burung edemik pulau jawa, namun pembangunan yang ada di jawa memang sangat pesat sekali, sehingga mau tidak mau funsgi lahan hutan akan berkurang, dan tentunya akan berefek pada populasi hewan, termasuk burung bubut jawa ini habitatnya beralih fungsi lahannnya dan berefek pada penurunan populasi burung bubut jawa ini.

Sekarang ini, burung bubut jawa ini bisa di temukan juga di daerah lainnya, namun populasinya masih sangat terbatas, seperti semarang, karawang, lumajang, indramayu, muara brantas, Cilacap dan ujung kulon. Maka tidak heran jika burung bubut jawa masuk ke kategori burung yang terancam punah rentan menurut Badan Konservasi Dunia

BACA JUGA :  2 Cara Paling Akurat Membedakan Burung Gelatik Batu Jantan Dan Betina Paling Lengkap

Perkembangbiakan Burung Bubut Jawa

Menurut Hellebrekers dan Bartels, burung bubut jawa dalam satu periode bisa bertelur sebanyak 1 – 3 butir, sedangkan menurut Birdlife Internasional, bubut jawa ini bisa bertelur sebanyak 3 sampai 5 butir telur per clutch. Berdasarkan penelitian yang di lakukan pada tahun 1997, perkembangbiakan burung bubut jawa terjadi pada bulan januari hingga bulan maret, mereka akan membuat sarang darti daun tanaman pakis yang mereka dapatkan di rawa dan pinggir sungai dan membuatnya di hutan bakau dan di atas permukaan air.

Ciri-ciri Burung Bubut Jawa

  • Iris mata merah yang menyala
  • Warna bulu tubuh yang bewarna hitam mengkilap
  • Sayapnya bewarna merah karat
  • Pada bagisn ekor, kepala, kaki dan paruhnya bewarna hitam

Perbedaan Burung Bubut Jawa Jantan dan Betina

Untuk megetahui ciri-ciri burung bubut jawa jantan dan betina memang sudah di bedakan, karena sangat mirip, akan tetapi bisa di bedakan dari tubuhnya, dimana untuk ukuran tubuh betina lebih besar dari pada jantan.

Makanan Burung Bubut Jawa

Meskipun bubut jawa mirip seperti burung predator, namun sebenarnya burung ini merupakan burung pemakan serangga, dan untuk makanan yang biasa di konsumsi oleh bubut jawa diantaranya :

  • Ulat bulu
  • Kupu-kupu besar
  • Belalang
  • Seraang
  • Jangkrik
  • Capung
  • Kumbang

Selain makanan di atas, bubut jawa juga biasa mengkonsumi hewan lainnya seperti tikus kecil, ular kecil, katak, lipan, siput, anak burung dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai Burung Bubut Jawa yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai burung bubut jawa. bagi anda yang ingin mengetahui artikel lainnya mengenai berbagai jenis burung, silahkan kunjungi situs cherewed.com.