Jenis Makanan Burung Tepus Dada Putih

Cherewed.com – Apakah anda mengenal dengan jenis burung yang satu ini? bagi para pecinta burung tentunya tahu dengan jenis burung tepus dada putih ini. Burung Tepus dada putih merupakan spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Stachyris. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangg yang memiliki habitat di hutan primer, hutan dataran rendah, perbukitan.

Dikesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Makanan Burung Tepus Dada Putih, sebenarnya ada beberapa jenis burung tepus, salah satunya tepus dada putih, tepus pipi perak dan burung tepus tunggir merah. ke 3 jenis burung tersebut memiliki makanan yang hampir sama di alam liar.

Bagi anda yang ingin mengetahui jenis jenis makanan kesukaan burung tepus dada putih, silahkan simak artikel ini sampai selesai, karena disini akan admin bahas secara lengkap.

Inilah Beberapa Jenis Makanan Kesukaan Burung Tepus

Voer

Karena dipasaran banyak sekali brand voer yang menawarkan kualitas terbaik dengan komposisi yang sudah diformulasi khusus oleh sang ahli sehingag menghasilkan produk terbaik. namun kalian juga harus pintar-pintar memilih mana voer yang cocok untuk burung tepus yang sedang kalian pelihara. Karena komposisinya ada yang dari serangga yang sudah di haluskan seperti insect blend dimana kandungan proteinnya tinggi dan juga ada yang kandungannya hanya 18 persen. Selain itu harganya juga berbeda-beda.

Kalau para kicau mania yang memelihara tepus biasanya memilih voer yang sesuai kantong mereka dengan kandungan protein yang tidak terlalu tinggi karena nantinya mereka menambahkan makanan tambahan berupa protein. Pilih voer kasar, dan yang biasa kami gunakan ialah topsong kuning dengan harga sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000 rupiah per pak tergantung toko penjualnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Burung Murai Batu Yang Terlalu Jinak Menjadi Liar

Kroto Segar

Kroto menjadi salah satu ef favorit dari burung tepus, selain itu juga kroto bagus untuk membuat dia menjadi gacor. Kandungan protein pada kroto terbilang pas tidak terlalu tinggi juga. Namun pemberiannya juga tidak boleh berlebihan. Sekitar 1/2 sampai 1 sendok teh perharinya. Dan pastikan kroto yang kalian berikan tidak hampir atau sudah busuk. jadi harus dalam keadaan segar mulai dari bentuk dan baunya. Kalau kalain membeli kroto lebih banyak bisa disimpan didalam kulkas di tempat yang tertutup jadi lebih awet ya guys.

Jangkrik

Selain kroto, jangkrik juga menjadi salah satu ef kesukaan burung tepus. sebelum kalian memberikan jangkrik sebaiknya diberi makan juga jangkirknya bisa dengan voer atau sayuran sehingga jangkriknya juga mengandung vitamin tidak kempes. Pemberian jangkrik pada tepus atau sniper setidaknya 4 ekor perhari dan sebelum kalian kasih ke dia buang dulu bagian yang keras seperti sayap dan kakinya.

Ulat Hongkong dan Ulat Kandang

Selanjutnya juga digunakan sebagai variasi EF sehingga dia tidak bosan, bisa diberikan UH dengan takaran 1/2 sendok teh perharinya tanpa kroto dan jangkrik 2 ekor sudah cukup. karena UH bersifat panas dengan kadar protein tinggi sehingga kalau berlebihan menyebabkan si burung menjadi over birahi. Selanjutnya ada Ulat Kandang dia bersifat dingin meskipun mirip tapi UK lebih kecil dan pemberian berlebihan tidak menyebabkan over birahi hanya saja menyebabkan obesitas yang nantinya membuat burung tepus kesayangan kalian menjadi malas berkicau.

Itulah Makanan Burung Tepus Dada Putih yang dapat admin sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara burung tepus dada putih. salam kicau mania!