Inilah 6 Jenis Burung Finch Yang Paling Banyak Penggemarnya

Cherewed.com – Sebagai penggemar burung peliharaan tentunya anda tahu dengan jenis burung yang satu ini, ya burung Finch, Burung ini dikenal sebagai burung emprit atau burung pipit. merupakan sekelompok burung dengan berbagai jenis dan meiliki tubuh yang kecil.

Burung ini merupakan satwa pemakan biji-bijian. Satwa ini menyebar di berbagai wilayah di dunia dan juga di Australia. Burung emprit atau pipit atau finch ini masuk ke dalam kategori suku burung manyar-manyaran, Ploceidae.

Burung bondol dan juga burung gelatik termasuk ke dalam jenis burung emprit ini. Hewan hidup bergerombol dan senang mencari makan bersama-sama, maka tidaklah heran apabila burung emprit suka memakan padi terutama di daerah persawahan.

Di pembahasan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Jenis Burung Finch Yang Banyak Penggemarnya, bagi anda yang mengetahuinya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Jenis Burung Finch Yang Banyak Penggemarnya

1. Bondol oto hitam (Lonchura ferruginosa)

Burung bondol oto hitam memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11 cm. Namun besar dan tebal. Penampilannya mirip burung bondol haji (Lonchura maja). Yang membedakan adalah warna hitam pada dagu dan tenggorokannya. wilayah persebaran burung bondol oto hitam terbatas di Jawa dan Bali. Lain halnya dengan bondol haji yang juga dijumpai di Sumatera.

2. Bondol hijau (Erythrura prasina)

Burung bondol hijau umum ditemukan di Asia Tenggara, yang meliputi Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Selain dipelihara serta ditangkar, burung bondol hijau juga sering ditempatkan bersama jenis burung finch lainnya dalam kandang aviary, terutama karena penampilan dan warna bulunya yang cantik.

BACA JUGA :  Tips Mencegah Stres dan Macet Bunyi Pada Burung Jalak Suren

3. Gelatik jawa (Padda oryzivora)

Burung gelatik jawa sebenarnya merupakan burung endemik Indonesia yang hanya ditemukan di Pulau Jawa dan Bali. Namun setelah diintroduksi di sejumlah negara, terutama Eropa, burung ini makin terkenal dan banyak dipelihara sebagai burung hias atau dilepasliarkan.

4. Emprit jepang (Lonchura striata domestica)

Society finch (Lonchura striata domestica) merupakan salah satu jenis burung finch popular yang banyak dipelihara di mancanegara. Di Indonesia, burung ini kerap disebut emprit jepang alias emje. Emprit jepang bukanlah jenis burung yang bisa ditemukan di alam liar. Awalnya, burung cantik ini merupakan hasil persilangan antara sharp-tailed munia (Lonchura acuticauda) dari India dan striated munia (Lonchura striata) dari Jepang.

5. Zebra finch (Taeniopygia guttata)

Burung pipit zebra / zebra finch cukup dikenal di kalangan penggemar burung mancanegara. Spesies ini umum ditemukan di Australia, Indonesia, dan Timor Leste. Setelah diintroduksi hingga ke Brazil, Puerto Rico, Amerika Serikat, Portugal, dan lain-lain, zebra finch kini bisa ditemukan di hampir seluruh negara di dunia.

6. Strawberry finch (Amandava amandava)

Jenis finch lainnya yang banyak penggemarnya adalah red avadavat / strawberry finch (Amandava amandava). Di Indonesia, strawberry finch dikenal dengan nama pipit benggala atau emprit geni. Burung ini memiliki warna yang sangat menarik. Strawberry finch juga termasuk burung dimorfik, sehingga burung jantan dan betina mudah dibedakan dari penampilan dan warna bulunya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai 6 Jenis Burung Finch Yang Paling Banyak Penggemarnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang jenis burung Finch.