Ciri-Ciri Burung Perkutut Lokal Yang Bagus

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung perkutut, hampir semua orang pastinya tahu dengan jenis burung yang satu ini. karena burung perkutut merupakan salah satu jenis burung paling populer di kalangan para pecinta burung di indonesia. sebenarnya burung ini sudah admin bahas di artikel sebelumnya namun untuk ciri-ciri burung perkutut lokal bulum kami bahas.

Burung Perkutut memiliki suara yang sangat khas, dan burung ini banyak dipelihara oleh kalangan orang tua sehingga pantas disebut sebagai salah satu burung klasik untuk dipelihara. Ada banyak jenis dari burung perkutut, namun perkutut lokal banyak diminati karena banyak juga yang mempercayai mitos dimana apabila kita memelihara perkutut lokal akan dihinggapi banyak rejeki dan dijauhkan dari marabahaya dan juga beberapa kepercayaan tentang keberuntungan lainnya.

Bagi anda yang ingin mengetahui Ciri-Ciri Burung Perkutut Lokal Yang Bagus silahkan simak dibawah ini :

Ciri Ciri Burung Perkutut Lokal yang Bagus

1. Bentuk Kepalanya

Kalau kalian membandingkan bentuk kepala perkutut lokal dengan jenis perkutut lain maka perkutut lokal memiliki ukuran kepala yang lebih besar, hal ini turut membuktikan dengan kepala besar memiliki otak yang besar dan tingkat kecerdasan yang besar pula. tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri bagi jenis lokal ini tak ayal banyak yang ingin memeliharanya hingga saat ini.

2. Ukuran Tubuh dan Lubang Hidungnya

Hubungan erat antara bentuk tubuh perkutut jenis lokal yang lebih besar dibanding yang lainnya dengan lubang hidungnya yang juga besar ini tentunya menunjukan pernafasan yang panjang. Sehingga mampu membawa oksigen yang cukup untuk tubuhnya, hal ini juga membuat dia bertahan saat mengeluarkan kicauannya dengan panjang.

BACA JUGA :  Cara Membedakan Burung Cucak Kombo Jantan dan Betina yang Akurat

3. Pupur Abu-Abu

Bagian ini tidak dimiliki semua perkutut lokal, hanya yang memiliki kualitas yang bagus yang memiliki pupur abu-abu yang berada dibagian atas paruh dan melebar ke bagian matanya dengan warna abu-abu jelas dan rata.

4. Bentuk Paruh

Menurut para ahli dibidang burung perkutut, jenis lokal yang baik ialah yang memiliki bentuk paruh panjang dan kokoh ini menandakan si burung rajin berkicau dan suaranya lebih nyaring dari perkutut lokal lain.

5. Bola Matanya

Perkuutut lokal yang terbaik dialah yang memiliki bentuk bola mata bulat dengan sorot mata tajam sehingga dia bisa memperhatikan lawannya dari jauh atau bisa melihat burung lain meskipun cahayanya sangat minim. Dihabitat aslinya tidak semua perkutut lokal memiliki sorot mata yang tajam hanya beberapa individu tertentu yang bisa melihat makanannya dari kejauhan di dalam hutan.

6. Warna Leher Abu-abu

Pada tubuh setiap burung perkutut memiliki corak yang sedikit berbeda, tetapi untuk jenis perkutut lokal berkualitas baik ialah yang memiliki warna bulu abu-abu yang menutupi lehernya. dan juga dibagian tubuhnya terdapat motif seperti lingkaran garis hitam yang tegas yang sebenarnya banyak dimiliki oleh burung perkutut pada umumnya namun hanya yang bagus kualitasnya yang warnanya lebih tegas.

7. Punggung Menonjol dan Dada Busung

Tulang yang kuat harus dimiliki oleh setiap burung, pada perkutut untuk memiliki yang bertulang kuat terlihat dari punggung nya yang menonjol ketika kita melihatnya dari samping.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Ciri-Ciri Burung Perkutut Lokal Yang Bagus, semoga pembahasan diatas dapat memberikan manfaat bagi anda.!