Ciri-ciri Burung Trucukan Jantan dan Betina yang Akurat

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung trucukan, diartikel sebelumnya admin telah membahas informasi mengenai Ciri-ciri Burung Trucukan Bakalan Yang Bagus dan Berkualitas, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai Ciri-ciri Burung Trucukan Jantan dan Betina yang Akurat.

Bagi anda yang berencana untuk memelihara burung trucukan, sebaiknya pilihlah burung trucukan jantan, karena walaupun burung trucukan betina bisa mengeluarkan suara ropel, namun suara jantan lebih bagus dan berkualitas.

Dimana burung betina trucukan sama-sama bisa ngeropel seperti jantan, namun suaranya tidak terlalu panjang dan sedikit putus-putus. Cara membedakan burung trucukan jantan dan burung trucukan betina memang sedikit agak sulit, karena ke dua jenis kelamin tersebut sangatlah mirip.

Nah bagi anda yang ingin mengetahu perbedaan antara dua jenis kelamin burung trucukan, silahkan simak dibawah ini :

Ciri-ciri Truckan Jantan dan Betina

Jambul Trcukan

Truckan jantan akan sering mengangkat jambulnya berdiri tegak, sehingga burung akan terlihat gagah, sedangkan betina trucukan jambulnya jarang di angkat dan ketika di angkatpun tidak berdiri secara seluruhnya sehingga terlihat pendek.

Bulu Halus di Belakang kepala

Ketika berumur 2- 3 bulan trucukan jantan akan memiliki bulu halus di sekitar belakang kepalanya, sedangkan untuk betina tidak memiliki bulu halus tersebut di belakang kepalanya.

Lingkaran Mata Trcukan

Trucukan betina dan jantan sama-sama memiliki lingkaran mata, namun lingkaran mata jantan bewarna hitam pekat, bulat solid dan tebal, sedangkan betina lingkaran matanya tipis dan warnanya pudar.

Bulu Telingan Trucukan

Burung trucukan memiliki bulu di sekitar telinganya, baik itu jantan dan betina, tapi untuk jantan bulunya lebih tebal dan menonjol ke depan, dan bulu telinga betina trucukan tipis dan tidak menonjol keluar dan terkadang ada yang memiliki bulu yang sangat sedikit, sehingga lubang telinganya terlihat.

BACA JUGA :  SOLUSI PERAWATAN ANAK BURUNG PEMAKAN DAGING DI MULAI DARI ANAK SAMPAI DEWASA

Postur Tubuh Trucukan

Ukuran tubuh jantan dan betina sama-sama ada yang memiliki ukuran yang kecil dan besar.

Tapi untuk jantan ekor dan tubuhnya lebih panjang, dan ketika sedang berdiri tegak akan terlihat gagah.

Karakter Trucukan Jantan :

  • Pada umunya suara jantan lebih nyaring dan keras
  • Pada umunya, rata-rata jantan trucukan yang sudah dewasa akan memiliki suara yang panjang ropelnya dan ngerol. Namun, ada juga trucukan jantan yang memiliki suara ropel putus-putus atau pendek, namun kicauannya bervariasi
  • Masih tetap rajin untuk bunyi meskipun dalam masa mabung

Karakter Trucukan Betina :

  • Suara betina trucukan volumnya kurang nyaring dan kecil
  • Lebih sering mengeluarkan suara panggilan di banding suara ropelnya
  • Suara kicauan trucukan betina monoton
  • Ketika sedang nylam atau mabung jarang bunyi

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-ciri Burung Trucukan Jantan dan Betina yang Akurat, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai macam jenis burung yang ada di indonesia di situs cherewed.com. semoga bermanfaat. salam Kicau mania!