Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung yang satu ini. Hampir semua kicau mania atau para penghoby burung tahu dengan jenis burung yang satu ini, burung Tledekan atau biasa di sebut juga dengan burung sulingan merupakan jenis burung Fighter seperti burung kacer dan juga murai batu, yang memiliki sifat teritorial yang tinggi terhadap daerah kekuasaannya.

Sebelum masuk ke pembahasan cara merawat burung tledekan supayan rajin bunyi atau gacor, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari burung tersebut.

Karakterisitik Burung Tledekan

Mudah beradaptasi

Sifat Fighter dan territorial menjadi karakter kuat dari burung itu sendiri, akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi seseorang tertarik untuk memelihara burung trledekan ini, seperti mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan, sehingga mudah untuk di pelihara.

Gampang di Pancing

Burung tledekan memiliki sifat gampangan, dimana burung tersebut gampang terpancing emosinya, sehingga ketika di dekatkan dengan burung sejenis,maka akan membuatnya menjadi naik darah dan rajin untuk berkicau.

Birahi Mudah Naik

Birahi yang stabil memliki peranan agar burung menjadi memiliki mental yang baik dan rajin berkicau. Dan terkadang burung tledekan mudah naik birahinya, dan tentunya itu berpengaruh pada kualitas kicauannya. Dan untuk mengatasi bisa pengaturan pakan Ekstrafooding yang akan kita bahas pada penjelasan di bawah ini.

Mudah Jinak

Mudah jinak dari burung tledekan di dorong dengan mudahnya beradaptasi dengan lingkungan baru sekalipun. Dan hal tersebut tentunya sangat baik untuk di rawat, karena burung yang sulit jinak, maka akan sulit untuk perawatannya.

BACA JUGA :  Cara Menjemur Burung Lovebird Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau

Perawatan Harian Burung Tledekan

Perawatan Pagi hari

Untuk melakukan perawatan burung tledekan bisa dimulai pada pagi hari sebelum matahari terbit di embun-embunkan pada jam 07.00 untuk menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap lingkungan sekitar yang akan dijadikan tempatnya untuk mandi dan berjemur, sambil memberikan pada dari kroto sebanyak 1 sendok teh.

Setelah di angin-anginkan selama 30 menit, maka burung tledekan dimandikan pada pukul 07.30 dan setelahnya dijemur selama 1 sampai 2jam lamanya, sambil memberikan pakan jangkrik sebanyak 3 ekor yang di simpan di dalam cepuk pakan. Pada saat dijemur, burung tledekan sebaiknya jauhkan dari jenis burung lainnya. Setelah penjemuran selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah dengan cara mengangin-anginkan selama 10 sampai 20 menit dan mengkrodong sangkarnya.

Perawatan Siang dan Sore hari

Ketika waktu menunjukan jam 10.00 sampai jam 15.00 burung tersebut bisa dilakukan pemasteran, bisa dengan menggunakan burung langsung atau menggunakan Audo Mp3 yang di putar melalui handphone.

Namun , pada saat melakukan pemasteran berlangsung burung dalam berisitrahat atau bersantai dalam sangkar, karena jika burung dalam keadaan aktif, maka burung tidak bisa mendengarkannya dengan baik dan cenderung akan membalas kicauan dari masterannya tersebut. Jadi untuk waktunya di sesuaikan saja dengan kondisi burung tersebut.

Pada saat jam 15.30, maka krodong tersebut di buka dan simpan burung di depan rumah atau simpan di tempat sejuk dan angin-anginkan kembali, dan bila perlu burung tledekan tersebut bisa dimandikan kembali, dan berikan pakan jangkrik 2 ekor hingga jam 18.00 burung di krodong kembali hingga pagi hari.

Pakan Burung Tledekan

Agar burung tidak over birahi dan kekurangan birahi, maka bisa di setting dalam pemberian pakan yang diberikan setiap harinya, seperti :

  • 1 sendok teh kroto setiap hari
  • 2 sampai 3 ekor ulat hongkong setiap hari
  • 4 sampai 5 ekor jangkrik setiap hari
BACA JUGA :  Resep Tepung Daging Agar Cendet Tampil Makin Garang

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Merawat Burung Tledekan Agar Rajin Berkicau, semoga artikel yang sudah admin sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi para kicau mania semuanya. salam sukses dan, salam kicau mania!