Cara Merawat Burung Tengkek Buto Untuk Masteran

Cherewed.com – Apakah anda tahu mengenai burung yang satu ini? Bagi para kicau mania tentunya sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. burung tengkek buto merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki banyak peminatnya dan disukaoi oleh para pecinta burung kicau di indonesia.

Karena burung tengkek buto memiliki suara yang terdengar sangat khas disamping itu perawatan burung tengkek buto sangatlah mudah. Apabila anda mendengarkan secara sekilas, maka burung tengkek buto ini bisa mengeluarkan suara ngekek yang terdengar mirip dengan jenis burung lainnya.

Namun, apabila didengarkan dengan sungguh-sungguh, maka bisa diketahui jika suara tengkek buto ini sangat berbeda dari pada dengan suara burung lainnya. Suara burung ini punya intonasi yang lain serta bisa berbunyi tanpa henti. dan bisa kicauannya tersebut bisa dihentikan dengan menutup sangkarnya dengan krodong.

Selain itu burung tengkek buto selalu dijadikan burung masteran untuk burung kicau lainnya seperti untuk memaster burung murai batu, lovebird, cucak ijo dan untuk masteran burung lainnya. Dengan karakter suara ngekek, mirip seperti lovebird dengan suara yang kasar dan keras, tentunya sangat di gemari oleh para kicau mania.

Nah bagi anda yang ingin mengetahu cara merawat burung tengkek buto untuk masteran silahkan simak artikel ini sampai selelsai.

Cara Merawat Burung Tengkek Buto Untuk Masteran

Karena banyak di cari untuk burung masteran, namun sayangnya burung tengkek buto jarang sekali di temukan, termasuk di pasar burung dan membuat harga burung tengkek buto cukup mahal. Karena burung tengkek buto akan dijadikan burung masteran, tentunya burung harus selalu gacor, dan berikut adalah tips untuk membuat tengkek buto menjadi rajin berkicau.

  • Tengkek buto sebaiknya di berikan pakan yang memiliki kandugna protein yang besar, terutama pakan dari hewani, seperti kroto, jangkrik, belalang, ulat hongkong, katak, ikan kecil dan lainnya ( diberikan secara bergantian ) agar membuat burung terus rajin berkicau sepanjang hari
  • Pada umumnya burung tengkek buto di pelihara tanpa voer, namun jika anda ingin menambahkan voer sebagai asupan pakannya, maka bisa dilatih terlebih dahulu
  • Mandikan dan jemur setiap hari, dan penjemuran tengkek buto cukup dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam. Dengan menjemur tengkek buto dapat membuatnya menjadi aktif dan menjadi rajin untuk berkicau
  • Berikan pula multivitamina untuk membuat mental dan stamina burung sehingga rajin bunyi
  • Krorong burung tengkek buto ketika sore dan malam hari untuk bersitrahat dan menyimpan energy ketika esokan pagi hari burung kembali gacor
BACA JUGA :  Khasiat Dan Manfaat Yang Luar Biasa Ikan Kecil Untuk Burung Kacer Yang Stress/Down

Sebenarnya burung tengkek buto murapakan salah satu jenis burung yang mudah untuk gacor, nah apabila burung tengkek buto peliharaan anda belum gacor, bisa ikuti cara cara yang sudah admin sampaikan diatas untuk merawatnya. Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga artikel yang sudah admin sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang memelihara burung tengkek buto. salam kicau mania!