Cara Merawat Burung Gelatik Batu/Wingko Supaya Rajin Bunyi

Cherewed.com – Bagi para penggemar burung kicau, pastinya ingin memeiliki burung peliharaan yang memiliki suara merdu. dan selain burung populer seperti kenari ada juga burung yang kerap dipelihara dirumah yaitu burung gelatik.

Dari beberpa jenis burung gelatik ada yang memiliki keunggulan suara merdu yaitu burung gelatik batu atau wingko, Gburung ini dapat Anda dijumpai di pasar burung maupun pet shop dengan harga terjangkau. burung gelatik merupakan burung yang masuk kategori pengicau dari daerah selatan indonesia. urung ini terdiri dari dua jenis menurut tempat hidupnya, yakni gelatik Jawa dan Timor. Gelatik Jawa hidup di Pulau Jawa dan Bali, sedangkan gelatik Timor hidup di Nusa Tenggara. dan hidup secara berkelompok. dan burung ini menyukai tempat lapang dengan banyak rerumputan, terutama padi, biji-bijian, buah, dan serangga.

Untuk cara perawatan burung gelatik batu ini tidaklah sulit, bagi anda yang ingin mengetahui perawatannya silahkan simak dibawah ini.

Cara Merawat Burung Gelatik Batu/Wingko Supaya Rajin Bunyi

Namun, terkadang dalam hal merawat burung gelatik wingko, bagi seorang pemula belum mengetahui tentang cara perawatannya, seperti tidak mengetahui jumlah pakan yang harus di berikan, memandikan, durasi penjemuran dan perawatan lainnya yang cocok untuk di terapkan pada gelatik wingko tersebut.

Pakan harian Gelatik Wingko

Pakan merupakan hal penting untuk membuat gelatik wingko menjadi gacor, karena selain untuk memenuhi gizinya, pakan tertentu dapat meningkatkan birahinya, sehingga burung semakin rajin berkicau.

  • Berikan kroto sebanyak 1 sendok teh ketika burung di embunkan dan ½ sendok teh ketika burung selesai di jemur
  • Berikan 2 ekor ulat hongkong ketika burung di sembunkan saat pagi hari dan 1 ekor setelah burung di jemur
  • Berikan 2 ekor jangkrik ketika burung selesai dijemur
  • Ulat hongkong diberikan sebanyak 3 ekor ketika sore hari
BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Kholibri Supaya Gacor

Perawatan harian Gelatik Batu

Selain pakan, untuk mendukung burung menjadi semakin rajin berkicau dan aktif, maka ketika pagi hari burung di berikan aktifitas lewat perawatan harian yang dilakukan oleh pemiliknya, seperti :

  • Lakukan pengembuan setiap hari sebelum matahari muncul, agar burung merasa semangat dan segar sepanjang hari sambil memberikan pakan yang telah di sampaikan di atas
  • Setelah cukup di embunkan dan matahari sudah muncul, maka burung di mandikan dengan cara menyemprot halus
  • Setelah burung dimandikan, maka di jemur selama 2 jam agar bulunya kering kembali
  • Setelah kering, burung di angin-anginkan sambil memberikan pakan seperti yang telah di sampaikan di atas
  • Ketika burung beristirahat pada siang dan sore sore, burung dimaster dengan menggunakan suara burung gelatik untuk masteran
  • Dan ketika malam hari burung di krodong

Itulah Cara Merawat Burung Gelatik Batu/Wingko Supaya Rajin Bunyi yang dapat admin sampaikan kepada anda, bagi anda yang memelihara burung tersebut silahkan bisa ikuti cara-cara seperti yang sudah admin sampaikan diatas. semoga bermanfaat untuk para kicau mania.