Cara Merawat Burung Cucak Keling Supaya Bersuara Lantang

Cherewed.com – Pada Artikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai burung perkutut,dan dikesempatan ini admin juga akan membahas informasi mengenai burung cucak keling, bagi para penghoby burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini.

Burung cucak keling, biasanya disebut juga dengan sebutan perling kumbang merupakan satu jenis burung kicau yang populer dan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. burung ini memiliki banyak kelebihan salah satunya memiliki postur tubuh yang sangar dengan bulu hitam kehijau biruan yang mengkilat, matanya yang merah tajam, dan memiliki suara yang sangat nyaring.

Kelebihan tersebut membuat burung cucak keling selalu dijadikan burung masteran oleh para kicau mania. burung ini memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuannya mumpuni dalam menirukan berbagai macam suara burung, bahkan menirukan suara-suara disekelilingnya, namun sayangnnya burung ini kurang diminati oleh para kicau mania.dengan alasan suaranya hanya bisa ngeriwik saja.

Oleh sebab itu supaya burung cucak keling cepat gacor dan ngeplong juga bersuara lantang dibutuhkan perawatan yang baik dan benar, khususnya dalam hal perawatan harian. nah disini admin akan memberikan suatu Cara Merawat Burung Cucak Keling Supaya Bersuara Lantang. namun sebelum itu kita harus mengetahui kenapa suara burung cucak keling ngeriwik.

Penyebab Cucak Keling Ngeriwik

Burung cucak keling termasuk jenis burung yang cukup cerewet, terutama ketika burung tersebut berada di koloninya. Jadi, ketika burung hanya ngeriwik saja, tentunya burung tersebut terdapat persoalan sehingga tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Dan untuk mengetahui penyebab antara lain :

  • Burung terkena penyakit, terutama burung terserang kutu
  • Burung masih muda, artinya burung masih belajar untuk berkicau, dan suara ngeriwik merupakan kicauan yang baru bisa dikeluarkan oleh cucak keling muda
  • Lokasi penyimpanan burung terlalu tenang, tidak ada burung lainnya. karena ketika burung cucak keling di tempat yang cukup ramai, terutama banyak burung lainya, maka akan memancing burung tersebut bersuara lantang
  • Burung tidak mendapatkan perawatan yang baik, terutama kurangnya asupan pakan ekstrafooding
BACA JUGA :  Mengetahui Ciri Ciri Fisik Burung Pleci Jantan Muda Hasil Membeli Ombyokan Paling Akurat

Cara Merawat Burung Cucak Keling Supaya Bersuara Lantang

Agar burung memiliki kondisi terbaik dan terpancing untuk bunyi lantang dan keras, maka berikut adalah tips untuk dilakukan.

Pengembunan

Setiap pagi burung di embunkan, sebelum matahari terbit, sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh.

Mandikan dan di jemur

Setelah matahari mulai muncul, mandikan burung dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprei. Setelah itu burung di angin-anginkan sambil memberikan pakan jankrik dan ulat hongkong sebanyak 3 sampai 5 ekor, dan burung di jemur setelah itu.

Memaster cucak keling

Setelah burung selesai melakukan aktifitas seperti memandikan dan menjemurnya, maka burung di master dengan cara mendekatkan burung cucak keling yang gacor.

Setelah mastering selesai dilakukan, ketika sore hari burung di berikan pakan ulat hongkong dan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor. Dan menjelang burung akan beristirahat malam hari, burung di berikan kroto sebanyak 1 sendok teh. Lakukan perawatan yang telah disampaikan di atas secara rutin dan teratur, dan ketika burung mendapatkan kondisi terbaik, maka burung akan mengeluarkan suara yang keras dan lantang secara bertahap.

Demikianlah artikel mengenai Cara Merawat Burung Cucak Keling Supaya Bersuara Lantang, semeoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang memiliki burung cucak keling yang ingin bersuara lantang dan gacor. salam sukses selalu.