Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia

Cherewed.com – Dikesempatan kali ini admin akan membahas tips atau Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia, bagi para kicau mania tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini, ya burung jalak suren. burung ini merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak penggemarnya karena memilki karakter fighter.

Sebenarnya karakternya yang fighter serta suara kicauannya yang galak memang sudah menjadi karakternya burung jalak suren secara umum sehingga setidaknya kita sudah bisa dengan mudah menanganinya.

Dan hal yang sulit dihadapi para kicau mania dari seekor jalak suren ini ialah dia sulit beradaptasi dan juga kagetan maksudnya bila dia tertekan dia mudah stress ini yang nantinya akan berakibat fatal jika. kita tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Sehingga dari sekian banyaknya kasus sulitnya menjinakan dan menghilangkan stres dari jalak suren.

Nah abgi anda yang ingin tahu Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia, silahkan simak tahapan-tahapannya dibawah ini.

Langkah-langkah Menjinakan Jalak Suren Malaysia

1. Karantina Burung

Pada tahap ini biarkan burung berada di sebuah ruangan atau tempat yang sepi sunyi dalam keadaan kandang tetap di tutup krodong. Dipagi harinya buka krodong dan mandikan burung disemprot dengan sprayer

sampai bulu-bulunya basah kuyup setelah itu jemur dibawah sinar matahari pagi dibawah jam 11.00 sampai bulunya kering kurang lebih selama 1 jam. Setelah itu berikan makanan seperti jangkrik, ulat hongkong atau kroto yang mengandung protein dan merupakan makanan alamiah si jalak suren. Karena dia masih dalam keadaan giras jangan dimasukan ke cepuk EF berikan secara langsung dengan disuapi.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Manyar Agar Sehat dan Rajin Bunyi

2. Suapi Langsung Makanannya

Seperti yang kita bahas tadi salah satu tujuan penyuapi burung langsung memang dia masih beradaptasi dengan kandangnya selain itu akan membuat si burung menjadi jinak dan nurut dengan kita pemiliknya. Pada tahapan ini tentunya kita harus bersabar karena pastinya siburung tidak akan langsung penyambar makanan di tangan kita kita harus melakukan secara bertahap.

3. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Karena dia harus beradaptasi dengan keadaannya yang baru baik itu hasil tangkapan yang harus terbiasa terkurung di sangkar atau yang baru berpindah tempat beradaptasi dengan tempatnya yang baru

sehingga kalian wajib membuatnya merasa nyaman salah satunya dengan rajin membersihkan kandangnya, kandang yang kotor selain akan menimbulkan sarang penyakit tentu membuat si burung merasa tidak nyaman.

4. Pindahkan Lokasi Kandang

Jika pada masa karantina kalian harus menempatkan kandang ditempat yang betul-betul sunyi sepi dan senyap, jika sudah 1 sampai 2 minggu terlihat ada perubahan menjadi lebih tenang coba gantang di tempat atau spot rumah yang lebih ramai secara bertahap atau di tempat yang biasa dilewati oleh anggota keluarga kalian misal di teras atau di ruang keluarga.

5. jauhkan Dari Jenis Burung Lain

Meskipun kalian sudah boleh memindahkan ke area yang sedikit ramai tetapi pada masa penjinakkan ini hindarkan burung jalak suren anda bertemu dengan jenis burung lain terlebih burung itu sudah gacor. Karena akan membuat mental jalak suren peliharaan kalian menjadi semakin terpuruk karena merasa tertekan dengan kicauan burung lain yang lebih gacor.

6. Asupan Makanan

Karena dia memang tidak memiliki nafsu makan yang normal dan karena proses ini akan memakan tenaganya pastikan kamu mengkontrol asupan makanannya secara rutin jangan sampai telat disuapi makanan.

BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Gereja Anakan Agar Gacor

Demikianlah tips atau Cara Menjinakkan Burung Jalak Suren Malaysia yang dapat admin sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda . salam kicau mania!