Cara Mengatasi Burung Pleci Ngembung

Cherewed.com – Pernahkah burung pleci yang anda pelihara mengalami masalah ngembung? Sebagian kicau mania tentunya pernah mengalami masalah seperti ini. terkadang mereka juga resah karena burung peliharaanya bisa ngmbung.

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak peminatnya dikalangan para pecinta burung kicau, maka tidaklah heran burung ini sangat banyak yang memeliharanya. namun ketika burung yang kita pelihara mengalami masalah kita harus cekatan dalam perawatannya.

Nah dikesempatan ini admin akan meberikan informasi mengenai Cara Mengatasi Burung Pleci Ngembung, penyebab burung pleci ini ngembung atau mengembangkan bulunya itu ada banyak faktor.

Faktor Penyebab Pleci Mengembangkan Bulu (Ngembung)

Penyebab dari pleci yg ngembung itu pertama disebabkan karena faktor cuaca, burung pleci mengembangkan bulunya paling terbanyak disebabkan karena faktor cuaca di saat-saat tertentu ketika cuaca sedang musim dingin / hujan tidak bersahabat atau suhu turun drastis.

Otomatis burung pleci kalian itu pasti akan mengembangkan bulu-bulunya, nah untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat di saat musim penghujan ini kita harus memaksimalkan penjemuran burung pleci kita kalau ada sinar matahari ya, tidak mesti penjemuran di pagi hari,

Jjika saat pagi hari sinar matahari tidak keluar alias cuaca sedang mendung kalian bisa menjemurnya di waktu siang, ataupun sore hari nya ketika matahari mulai panas tanpa harus membuang waktu langsung aja jemur pleci kalian ya dengan durasi 45 menit sampai 1 jam lah ya.

Dan untuk faktor yang kedua adalah bisa disebabkan karena pemberian pakan yang tidak seimbang ya, faktor makanan ini bisa terjadi karena burung kekurangan buah, yang banyak mengandung mineral dan vitamin ya.

BACA JUGA :  Jenis - Jenis Burung Yang Bersuara Merdu

Solusinya kita langsung berikan aja buah berupa pisang kepok atau bisa berupa jeruk yang manis ya temen-temen agar asupan gizi vitamin dan mineral baik untuk burung bisa terpenuhi. kembung bisa terjadi karena pergantian pakan harian nya berupa voer ya, dan ini terjadi karena biasanya memakai voer yang kualitas bagus terus di ganti dengan jenis voer yg berkualitas rendah.

Jadi solusinya ya kita jangan gonta-ganti voer ya tapi kita pilih satu jenis voer saja yang menurut kalian itu terbaik itu yang kita kasihkan. Yang selanjutnya ada doping pleci ngembung itu biasanya terjadi karena pleci tersebut berhenti menggunakan doping kalau masalah doping ini tentu hampir rata-rata semua para pleci mania itu pasti menggunakan doping.

Kalau pleci teman-teman udah cocok dan udah bagus pakai doping Ya silakan lanjutkan aja pakai doping, akan tetapi kalau nggak bagus pakai doping ya stop aja dopingnya. Nah terus penyebab yang lainnya bisa karena burung pleci kita kekurangan ekstra puding seperti kroto atau ulat hongkong Nah apabila burung pleci temen-temen kekurangan pakan tambahan EF seperti kroto atau ulat Hongkong. dan untuk memberikan kroto dan ulat Hongkong jangan langsung bersamaan tapi di selang seling ya, agar birahi si burung bisa tetap stabil ya.

Itulah Tips atau Cara Mengatasi Burung Pleci Ngembung yang dapat admin sampaikan kepada anda yang memiliki burung pleci yang mengalami masalah yang sama, semoga bermanfaat, salam sukses!