Cara Membuat Jamu Merpati Kolongan Untuk Lomba

Cherewed.com – Burung merpati, tentunya anda juga pasti tahu dengan jenis burung yang satu ini bukan? burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang lumayan banyak penggemarnya. karena burung ini memiliki sesuatu keunikan tersendiri.

secara umum pperawatan burung merpati ini tidaklah susah kalian hanya harus memberikannya makanan yang bernutrisi dengan memberikan bijian sebagai pakan utama serta pelet untuk melengkapi kebutuhan tubuhnya, lalu bersihkan kandangnya setiap hari karena kotoran dari burung ini mengandung banyak virus dan bakteri terlebih apabila kita memeliharanya di lingkungan rumah.

Boleh dimandikan sesekali tetapi untuk yang diambil dagingnya tentu jarang sekali dimandikan. Tetapi untuk yang digunakan ajak olah raga seperti merpati balap tentu membutuhkan perawatan ekstra. Selain memperhatikan asupan makanan, menjaga kebersihan lingkungan, memandingannya dengan rutin serta menambahkan jamu-jamu sebagai doping untuk menambah staminanya di arena lomba.

Pemberian doping ini bertujuan untuk menambahkan staminanya bukan untuk menambah kecepatannya. Jamu bisa dibuat secara tradisional, ada juga yang sudah dijual dipasaran yang sudah diolah.

Cara Membuat Jamu Merpati Kolongan Untuk Lomba

Resep Jamu Merpati Lomba

1. Jamu Tradisional 1

Bahan yang digunakan : 1 butir telur bebek, 5 sdm madu murni, 50 gr temulawak, 50 gr kunyit, teki, 100 gr jahe.

Cara membuatnya : tumbuk halus temulawak, kunyit, teki dan jahe jangan menggunakan blender dan jangan ditambahkan air lagi karena kadar airnya akan bertambah banyak.

Setelah itu campurkan telur dan madu murni lalu aduk sampai merata, setelah rata jemur dibawah sinar matahari sampai setengah kering, setelah itu bentuk bulatan kecil dan jemur lagi sampai kering. racikan jamu siap diberikan ke burung berikan dengan dosis 2 samoai 3 butir perhari jangan berlebihan ya.

BACA JUGA :  4 Tips Dan Cara Merawat Burung Murai Batu Muda Hutan Supaya Cepat Jinak Bunyi

2. Jamu Tradisional 2

Bahan yang digunakan : temu kunci serbuk 25 gr, kunyit bubuk 25 gr, temulawak bubuk 25 gr, umbi rumput teki 25 gr, pasak bumi 50 gr, gingseng 50 gr, lengkuas merah 50 gr, daun sendokan 25 gr Tapak liman 25 gr, kopi bubuk asli 1 sdm, 1 jadi kelingking sarang burung walet, madu asli 5 sdm, telur bebek 5 butir.

Cara membuatnya : Jika ditempat kalian banyak dijual bahan-bahan yang serbuk tentunya akan mudah tinggal mencampurkan semua bahan menjadi satu lalu diaduk sampai merata.

Setelah itu jemur sampai setengah kering di bawah sinar matahari dan di pulung menjadi butiran kecil dijemur lagi sampai kering dan jamu siap diberikan.

3. Jamu Tradisional 3

Bahan yang diperlukan : Yosem 50 gr, 1 gr Kolesom, sarang burung walet 3 mangkok, kunyit bubuk 1 ons, temulawak 1/2 ons, temu ireng, temu kunci 1/2 ons, kuda laut kering 3 ekor,

telor bebek 9 butir, tienjik bubuk 1 botol, gingseng royal jelly 3 botol dan madu murni 3 sdm.

Cara membuatnya sama dengan 2 jamu diatas dicampur menjadi satu lalu dikering kan dibawah matahari sampai setengah kering di bulat-bulatkan lalu dijemur sampai kering dan siap diberikan ke merpati anda.

Kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com dan membaca artikel mengenai Cara Membuat Jamu Merpati Kolongan Untuk Lomba, semoga selalu diberi kesehatan!