Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina

Cherewed.com – Bagi para penghobby burung kicau tentunya tahu dengan jenis burung yang satu ini, ya burung ciblek. burung ini merupakan salah satu burung paling populer dikalangan para kicau mania, karena memiliki suara yang merdu walaupun memiliki tubuh yang kecil.

Burung Ciblek atau yang biasa dikenal dengan sebutan prenjak ini merupakan burung berukuran kecil dari keluarga Cisticolidae dan genus Prinia ini memiliki panjang tubuh antara 15-18 cm dengan berat tubuh sekitar 18 gr. Ciblek yang terkenal lincah dan sangat populer dikalangan penggemar burung.

Beberapa jenis burung Ciblek yang populer di Indonesia memang memiliki postur tubuh yang kecil dan suara kicauan yang unik. Sedikitnya ada lima spesies burung ciblek atau perenjak yang sangat popular di kalangan kicaumania Indonesia, yaitu :

  • Perenjak gunung (Prinia superciliaris), atau sering disebut ciblek gunung.
  • Perenjak jawa (Prinia familiaris), atau lebih dikenal sebagai ciblek semi / ciblek kebun.
  • Perenjak rawa (Prinia flaviventris), atau kerap disebut ciblek rawa.
  • Perenjak padi (Prinia inornata), atau dikenal sebagai ciblek pare / ciblek sawah.
  • Perenjak cokelat (Prinia polychroa), atau sering disebut ciblek alang-alang.
  • Nah gai anda yang ingin mengetahui perbedaan antara burung ciblek jantan dan burung ciblek betina silahkan simak dibawah ini :

Cara Membedakan Burung Ciblek Jantan Dan Betina

Dilihat Dari Warna Bulu Nya

Yang pertama cara membedakan ciblek pari jantan dan betina itu kita lihat dulu warna bulunya teman-teman Yang jantan ini lihat-lihat yang jantan ini warnanya lebih gelap temen-temen ciblek pari yang jantan lebih gelap dan nampak lebih cerah ataupun jelas ya, kalau kita perhatikan dengan teliti.

BACA JUGA :  Tips Melatih Ciblek Muda Agar Bermental Petarung

Kalau yang betina ini warnanya terlihat lebih kusam ya terus kita fokus lagi di bagian atas kepalanya bagian atas kepala ini bisa kalian lihat, nah yang jantan ini hitamnya lebih banyak dan lebih pekat ya temen-temen.

Dilihat Dari Bagian Paruh

Terus lanjut lagi bagian paru menurut saya bagian paruh itu sama-sama hitam ya temen-temen tapi yang jantan hitamnya itu kalau kita lihat langsung jelas lebih menyala ya, dan agak sedikit gelap banget ya daripada yang betina yg terlihat agak keputihan muda ya, Pada bagian bawah paruh nya ini juga ada warna hitamnya yang lebih mendominasi jelas ya, dan untuk yg betina ada hitamnya cuman agak kusam ya.

Dilihat Dari Bagian Ekor Dan Tubuhnya

Untuk ekor Coba kita lihat nih ekor untuk ekor ukurannya juga sama aja ya, cuman untuk yg jantan ini jika di lihat ekornya warna yang jantan dia lebih cerah daripada warna yang betina ya teman-teman berarti warna bulu ini sangat berpengaruh banget untuk membedakan ciblek pari jantan dan betina dan untuk ukuran postur tubuhnya nih dengan usia yang sama, tentu ukuran tubuh burung ciblek pari jantan dia lebih besar ya lebih bongsor temen-temen daripada ciblek pari yang betina.

Untuk warna pada bagian dada di bagian bawah nya itu sama saja ya tidak ada perbedaan, oke mungkin itu saja ya ciri-ciri yang bisa kalian jadikan parameter untuk memprediksi jenis jantina (jantan dan betina) burung ciblek.

Itulah Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina, semoga bermanfaat, dan anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai jenis burung yang ada di indonesia di situs cherewed.com. salam sukses!