Cara Membedakan Burung Cucak Keling Jantan Dan Betina Secara Akurat

Cherewed.com – Cara Merawat Burung Cucak Keling Agar Bersuara Lantang dan Gacor sudah admin sampaikan di artikel sebelumnya, dan pembahasan kali ini masih mengenai burung cucak keling. lebih ke cara membedakan/ciri-ciri cucak keling jantan dan betina.

Burung Cucak Keling merupakan salah satu jenis burung kicau yang habitat hidupnya tidak hanya mendiami daerah hutan lebat tapi juga mudah ditemukan pada daerah yang berpenghuni penduduk seperti pedesaan dan kota.

Burung Cucak Keling memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuannya mumpuni dalam menirukan berbagai macam suara burung, bahkan menirukan suara-suara disekelilingnya, namun sayangnnya burung ini kurang diminati oleh para kicau mania.dengan alasan suaranya hanya bisa ngeriwik saja. padahal jika kita melatihnya dengan tepat burung ini akan menjadi burung kicau yang diminati semua orang.

Mengetahui perbedaan cucak keling jantan dan betina tentunya memiliki manfaat tersendiri, karena dengan mengetahui perbedaan burung tersebut maka bisa memilih burung cucak keling dengan setiap kebutuhan rekan-rekan kicaumania , seperti kebutuhan beternak atau mengetahui kualitas suara.

Karena pada dasarnya, burung cucak keling jantan memiliki fostur tubuh yang lebih bagus dari betina, meskipun sama-sama memiliki warna tubuh hitam. Dimana fostur dan warna bulu cucak keling jantan hitam mengkilap hijau, dan untuk warna bulu cucak keling betina memiliki warna hitam yang pudar.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui ciri ciri burung cucak keling jantan dan betina silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Perbedaan Cucak Keling Jantan dan Betina

Secara fisik, burung cucak keling memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh, namun meskipun begitu ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat antara jantan dan betina cucak keling, seperti :

  • Bulu punggung cucak keling muda jantan memiliki warna punggung hitam yang kehijauan, sedangkan betina memiliki warna punggung hitam pekat
  • Warna pecahan dada cucak keling jantan memiliki warna bulu hitam mengkilap, dan untuk betina memiliki wrana dada yang burik atau bercorak
  • Mata cucak keing jantan lebih merah menyala dan betina tidak terlalu mencolok warna merah pada matanya
  • Ukuran tubuh cucak keling jantan lebih panjang dan besar, sedangkan fostur tubuh betina kecil dan pendek
  • Suara kicauan jantan dan betina cucak keling, sama-sama bisa gacor dan berkicau, namun suara jantan lebih bagus dari betina
BACA JUGA :  Cara Membedakan Burung Kemade Jantan Dan Betina Paling Akurat

Perbedaan Cucak Keling Jantan dan Betina Bakalan

Perbedaan Cucak Keling jantan dan betina bakalan terletak pada perilakunya. Dimana Cucak Keling jantan biasanya suka ngeriwik, sementara betina tidak ngeriwik, hanya berbunyi cling cling saja. Namun seiring menjadi dewasa, kedua jenis Cucak Keling ini sama baiknya dalam hal berkicau.

Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Membedakan Burung Cucak Keling Jantan Dan Betina Secara Akurat, semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi para kicau mania yang ingin memelihara burung cucak keling.