Cara Melatih Nafas Burung Kenari Agar Ngerol Panjang

Cherewed.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis burung yang satu ini, ya burung kenari, burung ini merupakan salah satu burung paling populer di indonesia, dan sangat banyak penggemarnya karena burung ini merupakan salah satu jenis burung yang banyak diperlombakan di arena kontes gantangan burung.

Dan burung kenari ini memiliki banyak jenis dengan kelebihan yang berbeda-beda. dan Beberapa jenis diantara mulai dari kenari lokal, kenari F1, kenari YS, Kenari AF dan beberapa jenis lainnya.

Burung kenari ini tentunya memiliki ciri khas masing-masing mulai dari bentuk secara fisik maupun karakter suara kicauannya. Tetapi untuk mendapatkan burung kenari yang gacor dan bisa ngerol panjang tentunya tidak mudah, Kita harus memberinya perawatan dan pemberian pakan yang tepat.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui Cara Melatih Kenari Agar Ngerol Panjang silahkan simak artikel ini sampai selesai. berikut tahapan-tahapannya.

Makanan, Perawatan Harian dan Cara Melatih Supaya Kenari Gacor

Jenis Makanan Burung Kenari

Burung kenari ini memakan biji-bijian seperti biji sawi, milet putih, milet merah, canary seeds dan bijian lainnya yang merupakan makanan pokok kesukaannya. Burung ini juga merupakan pemakan sayuran seperti kol, kubis, sawi, dan beberapa sayuran segar lainnya. Kenari ini juga sangat menyukai telur puyuh rebus yang mengandung banyak protein.

Kenari juga suka memakan buahan salah satunya buah apel merah yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks serat dan juga beberapa macam mineral yang baik untuk pertumbuhannya. Tentunya selain itu ada beberapa racikan makanan kenari yang bisa kalian olah sendiri dengan beberapa resep yang sudah kami bagian di artikel lain yang bisa kalian baca.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Akurat Merawat Cucak Jenggot Supaya Cepat Gacor Setiap Hari

Perawatan Harian Kenari

Untuk perawatan sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan burung lainnya mulai dari proses pengembunan yang banyak manfaat bagi si burung selain itu dia dapat berinteraksi dengan burung lain untuk berkicau.

Setelah itu mandikan burung secara rutin misalnya kalian memutuskan untuk dimandikan dipagi hari mulai dari pukul 7 sampai 8 pagi ini harus dilakukan secara konsisten jangan berubah. Jangan tiba-tiba mandi sore atau mandi malam kecuali ada beberapa terapi yang dilakukan misal terapi mandi malam tetapi mandi pagi ini harus dijalankan sebagai rutinitas.

Setelah dimandikan pastikan kandang selalu dibersihkan supaya si burung merasa nyaman berada dikandangnya selain itu mencegah dari datangnya berbagai macam penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.

Berikan makanan setiap hari yang baru mulai dari makanan pokok, minuman sampai ke makanan tambahannya. sebelum diberikan cepuk makanan dan minuman harus dicuci dan dikeringkan dahulu ya gais.

Lalu Dijemur sampai bulunya kering, setelah itu digantung ditempat yang lebih nyaman tidak panas sambil dimasteri suara burung yang sudah gacor supaya dia bisa merekam dan menirukannya. Setelah itu pada malam hari kandang dikerodong supaya si kenari beristirahat boleh sambil di masteri juga. Selain perawatan rutin kalian juga harus melatihnya supaya dia bisa ngerol panjang.

Melatih Kenari Supaya Ngerol

Beberapa tips latihan yang harus dijalani seperti mengetahui dan memahami birahi burung, rutin terapi mandi malam, melatih di kandang umbaran dengan penjelasan sebagai berikut :

Karena memang birahi burung kenari ini kadang tidak stabil bisa naik turun kadang dia berkicau terus kadang dia mogok kicau sehingga kalian para pemilik kenari tentunya harus mempelajari kondisi

birahi dari si burung. Jangan terlalu dipaksakan jika dia sedang dalam birahi turun sehingga kalian harus memberikan makanan yang dapat meningkatkan birahinya dan kalau sedang tinggi dimandikan supaya birahi turun.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Akurat Membedakan Jantan Dan Betina Burung Cendet

Rutin dimandikan malam hal ini semacam terapi mandi malam supaya si burung lebih tenang ya rutin disini bukan setiap hari melainkan dalam seminggu cukup 2 sampai 3 kali. Untuk melatih pernafasannya supaya panjang kalian harus mengumbarnya di kandang umbaran bisa membuat sendiri atau bisa memesannya ke kios burung.

Itulah Cara Melatih Nafas Burung Kenari Agar Ngerol Panjang yang dapat admin sampaikan, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang memelihara burung kenari. salam kicau mania.