Tips Perawatan Burung Mantenan Supaya Rajin Berkicau

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai harga burung mantenan update terbaru, dan dipembahasan kali ini juga masih membahas burung mantenan namun lebih kepada cara perawatannya supaya burung mantenan yang kita pelihara rajin berkicau.

Burung mantenan memiliki suara yang sangat keras dan merdu juga bervariasi, maka tidaklah heran burung yang satu ini banyak penggemarnya dikalangan kicau mania. warna bulu yang terdapat pada burung mentenan memiliki daya tarik tersendiri karena burung tersebut memiliki paduan warna yang sangat indah.

Burung jenis yang satu ini banyak yang memeliharanya sebagai burung masteran, biasanya burung yang sering dimaster oleh mantenan adalah burung murai batu, cendet, kacer burung cucak ijo. dan banyak juga jenis burung lainnya yang menggunakan burung mantenan untuk masteran.

Burung mantenan banyak di pelihara sebagai burung masteran, untuk memaster burung lainnya, sehingga burung yang di master memiliki banyak variasi irama kicauan, seperti untuk memaster murai batu, kacer, cendet, cucak ijo dan burung lainnya.

Lalu bagaimana cara merawat burung mantenan yang baik?

Kunci utama dalam merawat burung adalah dengan membuatnya selalu sehat dan nyaman dalam sangkarnya, dengan perawatan konsisten yang dilakukan setiap harinya, seperti memberikan makanan, jemur, mandi, extrafooding dan lain sebagainya.

1. Makanan Burung Mantenan

Untuk menjaga vitalitas dan kesehatan burung, maka pemberikan pakan yang cukup memiliki peranan penting untuk dilakukan.

2. Voer Burung Mantenan

Agar mudah dalam perawatan dan untuk melengkapi burung memiliki gizi yang lengkap, maka burung bisa diberikan voer setiap harinya. Jika burung belum terbiasa makan voer, bisa terlebih dahulu mengajarinya.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Perawatan Burung Lovebird Dewasa Bagi Pemula

3. Jangkrik untuk Mantenan

Untuk asupan jangkrik harian burung mantenan, bisa memberikan jangkrik setiap pagi dan sore hari, secukupnya saja, sehingga burung menjadi rajin berkicau dan selalu dalam keadaan sehat.

4. Kroto untuk mantenan

2 -3 kali dalam seminggu burung mantenan diberikan pakan berupa kroto untuk meningkatkan birahi dan stamina burung, sehingga dapat meningkatkan stamina dan vitalitas burung dan membuat burung sehat dan rajin bunyi.

5. Ulat Hongkong untuk Mantenan

Ulat hongkong memiliki efek menghangatkan ketika di konsumsi burung, sehingga cocok di berikan ketika musim hujan atau musim dingin, dan bagus juga untuk merontokan bulu bulu ketika burung memasuki masa moulting, agar bulu tuanya cepat rontok.

6.  Pisang untuk Burung Mantenan

Selain pakan hewani, burung mentenan juga menyukai makanan dari buah-buahan, seperi buah pepaya, buah pisang dan buah-buahan lainnya.

7. Vitamin Burung Mantenan

Agar burung tidak kekurangan mineral, vitamin dan protein, maka vitamin burung bisa menjadi asupan tambahan, sebagai jaga-jaga burung kekurangan mineral dan vitamin, maka multivitamin bisa di berikan pada burung mantenan.

8. Mandikan Burung Mantenan

Sebelum di mandikan burung di gantang di sekitar tempat yang akan dijadikan tempat mandinya untuk menyesuaikan suhu lingkungan. Memandikan juga, selain dapat membersihkan bulu dan kulitnya, bermanfaat untuk membantu proses menjinakan burung.

9. Menjemur Burung Mantenan

Setelah dimandikan, burung di anginkan-anginkan beberapa menit hingga bulunya yang basah menjadi kering kembali, setelah itu burung mantenan di jemur selama 1 jam lamanya.

10. Jagar Kebersihan Sangkar

Sangkar kotor oleh kotoran burung itu sendiri dan juga sisa pakan yang berceceran di bawah sangkar bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

BACA JUGA :  Mengenal Dekat Karakter Burung Love Bird Paruh Putih

Kami ucapkan terimakasih karena telah membaca informasi yang admin sampaikan mengenai Tips Perawatan Burung Mantenan Supaya Rajin Berkicau, semoga tips yang sudah admin sampaikan diatas dapat membantu anda para kicau mania di indonesia.