Tips Penanganan Burung Kacer Yang Macet Bunyi

Cherewed.com – Burung kacer merupakan salah satu jenis burung petarung (fighter) yang semakin banyak peminatnya di tanah air ini. Sebagai burung petarung sehati, burung kacer ini memiliki nyali yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Kelebihan inilah yang membuat burung kacer diminati oleh para kicau mania. dan juga burung ini memiliki suara yang nyaring dan lantang dan memiliki gaya bertarung berbeda dengan yang lainnya.

Namun sehebat apapun penampilan burung kacer ini, banyak orang-orang yang mengeluh karena burung kacer peliharaanya macet bunyi. dan masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. maka dari itulah disini admin akan membahas mengenai tips penanganan burung kacer yang macet bunyi.

Untuk perawatan burung kicau tentunya harus selalu diperhatikan atau konsisten dalam perawatan hariannya, karena memang bisa saja Burung yang kemarin dan hari ini gacor bisa macet bunyi, jika anda melupakan 1 hari saja dalam memberikan perawatan yang baik tentunya akan membuat burung tersebut mendapatkan masalah. Apalagi jika yang dipelihara adalah burung fighter seperti burung kacer. Lalai sedikit saja memberikan rawatan harian yang biasa diterapkan, bisa menyebabkan perubahan pergorma (penampilan), bahkan bisa macet bunyi.

Apabila burung kacer mengalami macet bunyi, kita harus memperhatikan apa penyebabnya. Bisa saja burung sedang memasuki masa mabung alaminya. Tapi jika hal ini terjadi di luar masa mabungnya, kemungkinan besar burung kacer mengalami stres, mental yang ngedrop, sakit, atau akibat perawatan yang kurang tepat.

Pada umumnya, burung kacer yang mengalami masalah tersebut akan menunjukkan beberapa perilaku tidak baik, misalnya kurang nafsu makan, gerakan menjadi lamban alias kurang aktif, dan bulu-bulunya tampak kusam. burung kacer macet bunyi akibat stres biasanya disebabkan sangkar terjatuh, atau bisa juga diganggu / diserang binatang lain. Pada kondisi tersebut, kacer akan mengalami trauma dan cenderung menjadi tidak tenang, serta terus-menerus merasa gelisah.

BACA JUGA :  Proses Penjinakan Burung Perkutut Bahan Muda Hutan Yang Paling Akurat

Burung Kacer macet bunyi akibat mental ngedrop biasanya terjadi saat dan usai dilombakan. Ini disebabkan burung belum siap bertarung, namun dipaksakan oleh pemiliknya. Beberapa burung kacer yang masih muda, meski awalnya hebat, kerap mengalami peristiwa seperti ini. Mentalnya mudah jatuh ketika berhadapan dengan kacer-kacer yang umurnya lebih mapan. Pada kondisi inilah, kacer sangat rentan macet bunyi.

Selain perawatan harian, burung kacer yang terganggu kesehatannya pun sangat rentan mengalami macet bunyi. Gangguan pada tenggorokan atau pernafasan paling sering dialami kacer sehingga berhenti berbunyi. Untuk mengatasi burung kacer macet bunyi yang disebabkan salah penanganan juga perawatan, maka beberapa terapi berikut ini bisa diaplikasikan pada burung kesayangan Anda :

Tips Penanganan Burung Kacer Yang Macet Bunyi

  • Pindahkan kacer ke tempat yang lebih sejuk dan tenang.
  • Embunkan burung pagi-pagi hari sekali di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit. Ini untuk mengkondisikan burung agar memiliki stamina cukup. Syarat burung agar mau berkicau adalah dalam kondisi fit.
  • Berikan EF jangkrik secara rutin setiap hari, dengan porsi 4-5 ekor. Jika memungkinkan, kroto bisa diberikan sekali seminggu.
  • Putarkan beragam audio terapi yang bisa membantu merangsang kacer agar mau berkicau lagi.
  • Setelah kacer menunjukkan perubahan yang membaik, berikan pelatihan dengan menggunakan burung kacer lainnya yang bermental kurang bagus, atau biasa disebut kacer untulan. Hal ini dapat memberikan rangsangan dan mengangkat mentalnya.
  • Secara bertahap, perawatan kembali diberikan seperti biasanya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tips Penanganan Burung Kacer Yang Macet Bunyi, tips tersebut kami ambil dari berbagai sumber dan dari pengalaman para kicau mania di indonesia. bagi anda yang ingin menangani burung kacer macet bunyi, silahkan ikuti tips yang sudah admin sampaikan diatas.