Tips Menyiapkan Burung Kacer Agar Siap Lomba

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai Tips Mengatur Birahi Burung Kacer Agar Selalu Siap Lomba, di kesempatan kali ini admin juga akan memberikan tips Menyiapkan Burung Kacer Agar Siap Lomba. para kicau mania yang memiliki burung kacer tentunya sangat berharap burung peliharaanya bisa tampil maksimal pada saat lomba. namun hal tersebut hanya bisa diperoleh melalui perawatan yang tepat untuk burung tersebut.

Merawat burung kacer supaya burung tersebut bisa tampil dengan maksimal sebenarnya sangat mudah dilakukan, yaitu dengan memberikan perawatan harian secara rutin, termasuk menyediakan pakan tambahan (EF) yang kaya protein.

Pakan tambahan yang kaya protein seperti jangkrik menjadi menu wajib yang selalu ada setiap hari. Makin tinggi kadar protein yang dikonsumsinya, makin “beringas” pula karakter burung tersebut. Kondisi itulah yang dapat memicu birahinya sehingga burung menjadi lebih rajin bunyi atau gacor. Karena itulah, banyak para penggemar burung kacer yang senang bereksperimen dalam memperoleh setelan yang pas untuk burung peliharaanya, terutama porsi jangkrik dalam perawatan harian maupun perawatan menjelang lomba.

Berikut ini cara menyiapkan burung kacer agar menjadi burung yang lebih siap pada saat dilombakan :

  • Pagi dan sore hari, kacer hanya diberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Pemberian jangkrik yang sedikit ini sengaja dilakukan agar burung tidak terlalu agresif dan membuang energinya untuk sesuatu yang tidak penting. Contohnya berkicau pada siang hari, atau menjadi galak pada burung lain maupun pemiliknya lantaran terlalu birahi.
  • Pemberian jangkrik yang sedikit tentu tidak dianjurkan bagi Anda yang memelihara kacer sebagai burung rumahan. Jika ingin mempunyai kacer yang rajin bunyi setiap harinya, pemberian jangkrik minimal 5 ekor pada pagi dan sore harinya.
  • Porsi kroto 1 sendok teh, dan diberikan selama 1-2 kali seminggu. Kroto bermanfaat sebagai tambahan energi untuk mendongkrak stamina burung.
  • Sehari menjelang lomba ( H-1) atau sore hari menjelang matahari terbenam, kacer diberi jangkrik dengan porsi lebih dari 10 ekor. Beberapa penggemar bahkan memberikan jangkrik hingga 50 ekor agar burung tampil lebih maksimal keesokan harinya.
  • Setelah itu, burung dikerodong dan dibiarkan beristirahat. Tapi malam harinya, kacer diberikan mandi malam untuk mencegah over birahi saat akan dilombakan.
BACA JUGA :  Beberapa Tips Perawatan Kacer Dorong Ekor Paling Lengkap Dan Akurat

Yang paling penting dalam perawatan burung kacer untuk lomba adalah menjaga birahi mereka tetap stabil, terutama selama 6 hari sebelum dilombakan untuk meredam emosi dan agar burung tidak terlalu banyak mengeluarkan energinya. Burung baru dibuat birahi menjelang saat-saat akan dilombakan, yang biasanya dilakukan pada H-1.

Itulah Tips Menyiapkan Burung Kacer Agar Siap Lomba yang dapat kami sampaikan, semoga tips ini bermanfaat bagi apra kicau mania yang akan mengikuti lomba burung kicau. anda juga dapat membaca informasi lainnya mengenai berbagai tips dan trik burung peliharaan di situs cherewed.com.