Tips Menyiapkan Burung Branjangan Untuk Lomba

Cherewed.com – Masih membahas tips dan trik seputar burung branjangan, pada saat ini para penggemar burung branjangan semakin banyak. karena memang kelas burung branjangan sudah bangkit kembali di berbagai event. maka dari itu banyak para penggemar branjangan mencari cara untuk mempersiapkan burng branjangan apabila mau mengikuti lomba.

Burung branjangan yang mau dilombakan hendaknya sudah memiliki beberapa kriteria berikut ini:

  • Memiliki mental yang cukup.
  • Memiliki gaya dan suara kicauan yang bervariasi.
  • Sudah teratur menjalani perawatan harian.

Nah ke 3 kriteria tersebut harus kita siapkan, supaya burung branjangan yang kita pelihara benar-benar ada di dalam kondisi siap lomba. apabila burung branjangan sudah dalam kondisi on-fire seperti itu, langkah selanjutnya adalah membiasakan burung untuk berada dalam suasana lomba.

Apabila burung branjangan anda baru pertama kali dilombakan, sebaiknya jangan terlalu berharap banyak dulu menjadi juara. Burung pun membutuhkan masa adaptasi dengan suasana lomba. Tetapi jika dalam penampilan perdana sudah mampu berprestasi, itu bonus bagi Anda, sekaligus menandakan burung memiliki prospek bagus dalam even berikutnya.

Di luar faktor perawatan harian dan pengaturan extra fooding, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi branjangan ketika dilombakan. ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi dan sekaligus bisa menjadi alternatif dari perawatan burung branjangan sebelum dilombakan.

Tempel / cas dengan burung sejenis

Sudah bukan rahasia umum kalau setiap kali burung mau dilombakan, apalagi kalau burung tampak kurang siap tempur atau kurang birahi, maka hal yang sering dilakukan para pemain adalah mengecas burungnya bersama burung-burung milik peserta lainnya. Dengan begitu emosi burung diharapkan bisa naik, dan sifat fighter burung segera muncul

BACA JUGA :  Cara Dan Tips Perawatan Anakan Burung Sirtu Supaya Cepat Berbunyi/Gacor Setiap Hari Paling Lengkap

Tempel / cas dengan burung betina

Menempel atau mengecas burung yang akan dilombakan dengan burung sejenis yang berkelamin betina juga sering dilakukan para pemain ketika akan melombakan burungnya. Masalahnya menjadi lain ketika kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana membedakan jenis kelamin burung branjangan. Sebab burung jantan dan betina memiliki bentuk tubuh, penampilan, maupun warna bulu yang hampir sama.

Tempel / cas dengan burung jenis lainnya

Ada beberapa burung branjangan yang tidak mau tampil di arena lomba lantaran kurang birahi atau kurang siap tempur, meski sebelumnya telah dicas dengan burung sejenis maupun burung sejenis yang berkelamin betina. Namun ketika ditempel dengan jenis burung berkicau lainnya, terutama cucak jenggot, burung gereja, kenari, dan sebagainya, burung branjangan justru memunculkan sifat teritorial dan karakter fighternya. Hal tersebut ternyata bisa memberi pengaruh cukup baik pada penampilannya di arena lomba.

Jangan membuat branjangan kaget atau merasa takut

Ketika pertama kali membawa branjangan ke arena lomba, biasanya kita tergesa-gesa menggantangnya. Apalagi ketika burung dalam kondisi siap digantang. Sangkar branjangan berbeda dari sangkar burung kicauan lainnya, sehingga mudah terbentur benda-benda lain seperti pagar arena, kursi, atau sangkar milik peserta lainnya.

Jaga kebersihan sangkar

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum branjangan dilombakan adalah menjaga kebersihan sangkarnya, terutama kebersihan dari pasir-pasir yang di dasar sangkar. ersihkan pula kotoran yang menumpuk, sisa-sisa pakan, juga serangga yang masih hidup dan bergerak di dasar sangkar. Sebab semua ini bisa mengganggu penampilan branjangan saat dilombakan.

Demikianlah Tips Menyiapkan Burung Branjangan Untuk Lomba, bagi anda yang ingin mencoba tips yang sudah admin sampaikan diatas, silahkan anda mencobanya. tips yang admin sampaikan diatas di ambil dari berbagai sumber dan pengalaman para kicau mania. semoga bermanfaat.