Tips Mengatasi Kegemukan Pada Burung Paruh Bengkok / Parrot

Cherewed.com – Pada artikel seblumnya admin sudah memberikan informasi mengenai cara merawat burung betet, dan dikesempatan kali ini juga admin akan memberikan informasi mengenai tips mengatasi kegemukan pada burung paruh bengkok. kegemukan atau sering sekali disebut dengan obesitas tidak hanya dialami oleh burung kicauan saja, masalah ini juga sering dialami oleh burung paruh bengkok. akibatnya Selain menyebabkan burung menjadi malas beraktivitas, bahkan malas berbunyi, kegemukan juga membuat burung rentan terserang penyakit.

Biasanya kegemukan terjadi akibat burung terlalu banyak menyimpan kalori di dalam tubuhnya. Biasanya, burung akan mengalami kegemukan ketika energi yang dikeluarkannya sangat sedikit. kegemukan ini pastinya akan membuat burung tidak nyaman, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan cukup serius. dan juga, kegemukan juga menyebabkan burung menjadi kurang aktif, malas bunyi, kesulitan bernafas, dan masa hidupnya pun lebih singkat.

Sebagian besar burung paruh bengkok bersifat sangat aktif pada saat berada di alam liar. Namun setelah dirawat sebagai burung piaraan, sifatnya cenderung berubah menjadi kurang aktif. Apalagi burung mudah sekali memperoleh makanan, karena telah disediakan pemiliknya. Akibatnya burung menjadi lebih banyak makan ketimbang bergerak. tidaklah aneh apabila hal tersebut menyebabkan burung mengalami kegemukan.

Dan salah satu faktor lain yang biusa membuat burung tersebut kegemukan adalah pemberian pakan yang tidak tepat. burung selalu memakan pakan bijian termasuk kacang-kacangan, tanpa disertai buah-buahan dan sayuran.

Lalu bagaimana cara mengatasi kegemukan pada burung paruh bengkok?

Bagi anda yang ingin mengetahui cara-cara tersebut, silahkan simak dibawah ini :

Mengatasi kegemukan pada burung paruh bengkok

Untuk mengatasi kegemukan pada burung paruh bengkok dibutuhkan beberapa perlakuan khusus, silahkan simak tahapan-tahapannya dibawah ini.

  • Selama masa terapi pemulihan, burung dipindah ke dalam sangkar berukuran lebih luas. Jumlah tenggeran pun ditingkatkan. Jika sebelumnya hanya menggunakan satu tenggeran, pada terapi bisa digunakan dua tenggeran atau lebih.
  • Untuk burung paruh bengkok yang biasa menggunakan tenggeran esteger, maka burung harus dilatih terbang atau beraktivitas di luar tenggerannya. Pelatihan bisa dilakukan di dalam kamar / ruangan tertutup. Jika burung sudah jinak. bisa dilakukan di ruangan terbuka / lapangan.
  • Berikan beberapa mainan yang bisa memancing burung agar lebih banyak bergerak dalam sangkar / kandang. Misalnya ayunan dan manik-manik yang digantung di dalam sangkar / kandang.
  • Untuk burung parrot yang lincah dan berpostur kecil, misalnya lovebird dan parkit, pelatihan bisa menggunakan kandang umbaran. Untuk memudahkan proses pelatihan, Anda dapat memodifiksi kandang umbaran menjadi berayun otomatis (silakan cek di sini).
  • Kurangi pemberian pakan bijian. Selama masa terapi, burung cukup diberi milet putih tanpa disertai pakan bijian lainnya, termasuk kuaci dan kacang-kacangan.
  • Berikan buah dan sayuran rendah gula dan karbohidrat. Misalnya semangka, pepaya, pisang, lemon, jeruk, apel, anggur, strawberry, melon, brokoli, tomat, kembang kol, mentimun, paprika, dan asparagus. Buah dan sayuran ini bisa dijadikan pakan tambahan selama masa terapi.
  • Solusi lainnya dalam mengatasi kegemukan pada burung paruh bengkok adalah menggunakan BirdSlim. Ya, produk ini mampu membantu memecah lemak di dalam tubuh burung.
BACA JUGA :  Tips Perawatan Burung Kacer Nyulam

Tips Mengatasi Kegemukan Pada Burung Paruh Bengkok / Parrot kami ambil dari berbagai sumber dan juga dapri pengalaman para kicau mani di indonesia. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki burung paruh bengkok dengan keluhan yang sma.