Tips Mencegah dan Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Cherewed.com – Masih membahas informasi mengenai burung kacer, Dan tips yang akan admin sampaikan dikesempatan kali ini adalah mencegah dan mengatasi kegemukan pada burung kacer. bagi anda yang memelihara burung kacer pastinya tidak mau burung peliharaanya mengalami kegemukan, maka dari itu sebaiknya anda simak tips yang akan admin sampaikan di artikel ini.

Burung kacer yang sudah menyelesaikan masa mabungnnya pastinya rentan mengalami kegemukan. jika burung tersebut mengalami kegemukan biasanya akan malas untuk berkicau atau jarang bunyi, dan juga akan malas beraktivitas sehingga mudah terserang penyakit. Selain itu, burung kemungkinan besar bakal mbagong.

yang perlu kita perhatikan pada saat burung kacer mabung adalah selalu menjaga keseimbangan nutrisinya. Jika selama mabung hanya diberi voer tanpa memperhatikan pakan tambahan, maka burung kacer mudah mengalami kegemukan setelah masa mabungnya rampung. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk memberi pakan tambahan / extra fooding (EF) yang cukup,

Jika sebelum, selama, dan sesudah mabung burung kacer mendapat perawatan rutin, maka burung akan mencapai kondisi puncak atau top form sekitar 1 bulan setelah masa mabungnya selesai. Kalau sudah berada dalam kondisi top form, kacer akan memiliki penampilan paling maksimal saat dilombakan. namun apabila selama mabung tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka burung mudah mengalami kegemukan. Burung pun beraktivitas, termasuk malas bunyi dan mbangong, tidak banyak bergerak, dan mudah terserang penyakit.

Dan berikut ini akan admin sampaikan Tips Mencegah dan Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer, tips berikut ini diharapkan bisa membantu mengatasi kacer yang kegemukan sebelum kondisinya menjadi lebih parah.

1. Melatih kacer dalam sangkar lebih besar

Melatih burung kacer agar lebih banyak bergerak tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran. Anda juga bisa menggunakan sangkar lain yang berukuran lebih besar daripada sangkar hariannya. Misalnya saja sangkar murai batu yang lebih luas. Tempatkan satu tenggeran saja pada posisi cukup tinggi. Tempat pakan dan minum diletakkan di dasar sangkarnya. Dengan begitu, kacer menjadi banyak bergerak dan menggunakan otot sayapnya untuk melompat naik dan turun tangkringan.

BACA JUGA :  14 Jenis Burung Hias Yang Trend Untuk Di Pelihara

2. Menambah durasi mandi dan jemur

Kalau selama ini burung kacer hanya mandi satu kali sehari, atau beberapa hari sekali, maka saat mengalami kegemukan bisa ditambah menjadi 3 kali sehari, diselingi mandi malam 1-2 kali dalam seminggu. Durasi penjemuran juga perlu ditambah. Saat dijemur, kacer sebaiknya masih menggunakan sangkar yang lebih luas atau bisa juga kandang umbaran, agar lebih banyak mengeluarkan energi.

3. Mengurangi jatah voer, berikan suplemen khusus

Jatah voer yang biasa diberikan kepada kacer juga perlu dikurangi. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya voer tidak diberikan saat burung sedang atau setelah dimandikan. Berikan 1-2 sendok makan voer saat burung sedang dijemur. Sebab saat penjemuran, kacer cenderung lebih banyak minum daripada makan.

4. Melatih makan buah dan sayuran

Meski kacer termasuk burung pemakan serangga, dia bisa dilatih mengkonsumsi buah dan sayuran. Namun harus diperhatikan juga jenis buah yang diberikan. Sebab ada beberapa buah yang berpotensi menambah bobot badannya. Buah yang dianjurkan antara lain pepaya. Adapun sayuran bisa berupa mentimum, brokoli, kacang panjang, labu sia, atau bengkuang.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tips Mencegah dan Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer, semoga tips yang sudah admin sampaikan diatas bermanfaat bagi para kicau mania yang memelihara burung kacer.