Tips atau Cara Merawat Burung Samyong Agar Rajin Berkicau

Cherewed.com – Burung samyong merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer dikalangan pecinta burung. burung ini memiliki nama populer yaitu Bare-throted Whistler dan berasal dari keluarga Pachycephalidae.

Jenis burung ini juga merupakan salah satu burung endemik khas Nusa Tenggara. Burung yang cerdas dengan suara yang lantang ini bisa disebut sebagai jelmaan burung nightingale yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Di flores, burung samyong bahkan lebih dikenal dengan nama garugiwa yang punya sub-spesies Pachycephala nudigula nudigulase. Sedangkan berbeda lagi di Sumbawa yang memiliki spesies nudigula ilsa dengan karakteristik burung samyong warna tubuh lebih cerah dengan bagian bawah lebih berwarna kehijauan.

Nah dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Tips atau Cara Merawat Burung Samyong Agar Rajin Berkicau. bagi anda yang memelihara burung tersebut alangkah baknya anda menyimak artikel yang akan admin sampaikan ini.

Sebelum masuk kepembahasan alangkah baiknya anda mengetahui perbedaan antara burung samyong jantan dan betina. berikut perbedaanya.

membedakan jenis kelamin burung samyong bisa dilakukan dengan memperhatikan penampilan dan warna tubuhnya. Burung jantan memiliki beberapa perbedaan mencolok dari burung betina, antara lain:

  • Bulu kepala hingga leher bagian belakang berwarna kehitaman.
  • Pada tenggorokannya terdapat bagian tanpa bulu dan berwarna kemerahan, yang akan menggelembung jika burung berkicau.

Adapun burung samyong betina memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Warna bulu hijau kekuningan sampai bagian ekor
  • Kepala berwarna abu-abu gelap.
  • Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada burung jantan
  • Bentuk kepala bulat, dengan paruh lebih pendek.
  • Bagian tenggorokan tertutup bulu, sehingga tidak ada bar merah di bagian tersebut.
BACA JUGA :  5 Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Akibat Sangkar Jatuh Paling Akurat Yang Sudah Terbukti

Untuk membedakan jenis kelamin samyong yang masih anakan / trotolan, kita bisa memperhatikan warna bulu di pinggir sayap dan ekor. Pada anakan jantan, bagian tersebut berwarna kemerahan atau kecokelatan.

Untuk membuat samyong rajin berkicau, tentu tidak lepas dari perawatan harian. Burung yang stres bukan hanya mogok bunyi, tetapi juga seringkali mogok makan. Kekurangan pakan dan nutrisi akibat stres inilah yang menjadi penyebab utama banyaknya burung samyong dalam sangkar yang mati. Untuk mengurangi potensi stres, biasakan burung diberi multivitamin, yang sekaligus sangat membantu burung agar selalu dalam kondisi fit.

Berikut ini referensi perawatan harian untuk burung samyong agar terhindar dari stres, lebih aktif, rajin bunyi, dan mudah dimaster dengan berbagai jenis burung kicauan lainnya. Selain menjaga kondisi fit, terutama melalui multivitamin, perawatan samyong agar rajin berkicau membutuhkan setelan extra fooding (EF) yang bervariasi. Pakan tambahan bisa berupa serangga seperti kroto, ulat hongkong, belalang sawah,dan jangkrik. Adapun perawatan lain seperti mandi dan jemur diperlukan untuk menjaga kondisi mereka setiap harinya.

  1. Pagi hari sekali, burung dikeluarkan untuk dijemur pada saat matahari mulai terbit.
  2. Berikan kroto saat matahari pagi mulai muncul.
  3. Setelah itu, burung bisa dimandikan dengan cara disemprot halus, atau cara lain tergantung dari kebiasaan mandinya, atau yang lebih disukai burung.
  4. Setelah dimandikan, burung jangan langsung dijemur di bawah terik matahari. Cukup dianginkan dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya yang masih basah.
  5. Saat dianginkan sekitar 10-15 menit, burung bisa diberi jangkrik sebanyak 5-8 ekor (tergantung kebutuhan), dilanjutkan dengan beberapa ekor ulat hongkong.
  6. Usai dianginkan dan sarapan, burung bisa dijemur dengan durasi 20 – 30 menit.
  7. Setelah dijemur, burung kembali dianginkan, dengan cara digantang di tempat teduh seperti di bawah pohon atau teras rumah.
  8. Pada saat ini, jika mau, Anda bisa memaster burung samyong dengan aneka suara burung lain.
  9. Saat istirahat siang, samyong bisa diberi 3-4 ekor belalang.
  10. Sore hari, burung kembali dimandikan, sambil Anda membersihkan kandang dari kotorannya.
  11. Usai mandi, burung kembali dianginkan sambil diberi 3-5 ekor jangkrik dan 2-3 ekor belalang.
  12. Saat ini, Sambil burung bisa dimaster lagi dengan berbagai macam suara burung lain.
  13. Petang hari, burung dimasukkan ke dalam untuk beristirahat. Berikan 1 sendok teh kroto sebagai peneman makan malamnya, dan biarkan burung beristirahat total hingga keesokan harinya.
BACA JUGA :  Ciri-ciri Burung Cucak Ijo Yang Bagus dan Bermental Juara

Demikianlah Tips atau Cara Merawat Burung Samyong Agar Rajin Berkicau yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuat burung samyong peliharaan anda rajin berbunyi.