Perbedaan Burung Cucak Jenggot Jantan Dan Betina

Cherewed.com – Burung cucak jenggot merupakan salah satu burung populer dikalangan para pecinta burung di indonesia. burung ini memiliki ukuran sedang dan dari keluarga Pycnonotidae Genus Criniger yang memiliki banyak sebutan yakni Cocak rawon Jogjog janggot, Janggut, Jebres, Koreis dll.

Burung cucak jenggot ini memiliki suara yang khas dan sering disertai dengan tembakan, baik itu Cucak Jenggot jantan maupun betina. walaupun burung ini sering dianggap sebagai burung masteran oleh para kicau mania, namun dalam perkembanganya, Cucak Jenggot bisa juga dijadikan sebagai maskot dan bahkan dimaster oleh burung lain, terutama Cucak Jenggot jantan.

Burung Cucak Jenggot termasuk jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 19 sampai 23 cm dengan berat tubuh sekitar 41 sampai 46 g untuk jantan dan betina sekitar 51 sampai 52 gram. Tubuh burung ini berwarna kecoklatan dengan tubuh bagian bawah berwarna kuning. Dibagian tenggorokan serta dagu berwarna putih mencolok. Tubuh bagian atas coklat-zaitun, lebih merah pada ekor; pipi abu-abu.

Burung cucak jenggot termasuk jenis burung monomorfik, yaitu burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik yang hampir sama, sehingga sangat sulit untuk untuk kita membedakan mana burung cucak jenggot jantan dan mana cucak jenggot betina.

Namun, berdasarkan pengamatan yang sudah berpengalaman seperti peternak, ada beberapa tengara yang bisa membantu membedakan jenis kelamin burung tersebut. Banyak kicau mania yang lebih memilih untuk menjaga cucak jenggot betina, dikarenakan lebih rajin berkicau, dan memiliki suara yang sangat tajam dan terkadang juga sering digunakan sebagai suara masteran. maka tidaklah heran apabila banyak yang memilih untuk memelihara burung cucak jenggot yang berkelamin betina.

BACA JUGA :  Tips Cara Menjinakkan Burung Murai Batu Giras Dengan Mudah

Tetapi bukan berarti burung cucak jenggot jantan tidak bisa terlihat sebagus burung betina. Cucak jenggot jantan dengan suara yang lebih variatif memiliki penngemar yang tidak kalah banyaknya dengan cucak jenggot betina.

Bahkan ada pula yang melombakannya untuk bersaing dengan burung betina. Mengingat bahwa burung betina bisa unggul di lapangan, sebenarnya kita tidak perlu khawatir jika mengetahui cucak jenggot yang baru dibeli ternyata betina.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan dari burung cucak jenggot jantan dan betina bisa anda simak dibawaha ini :

Perbedaan Burung Cucak Jenggot Jantan Dan Betina

Ciri Ciri Burung Cucak Jenggot Jantan

  1. Ukuran tubuh cenderung lebih panjang, dengan bobot tubuh lebih berat dibanding burung betina.
  2. Bentuk kepalanya terlihat bagus, sementara paruhnya panjang dan kokoh.
  3. Leher lebih panjang dan besar / kokoh. Jika melenggo hanya leher yang bergerak, tapi tidak disertai gerakan tubuh.
  4. Bentuk ekornya cenderung lurus dan sejajar.
  5. Lingkar matanya cenderung lebih besar, dengan tampilan tajam dan garang.
  6. Rentang sayap dan bulu ekor lebih panjang dari pada burung betina.
  7. Tulang supit lebih rapat.
  8. Burung terlihat lebih tegap saat bertengger.
  9. Burung lebih aktif dan melakukan banyak gerakan.
  10. Suara kicauan lebih variatif dan tidak monoton, serta terdengar lebih sering ngeriwik.
  11. Jika digantang di lapangan, burung jantan terlihat sangat atraktif dan bergerak terlalu banyak sehingga sering pecah pecah saat mengeluarkan suara kicauan.
  12. Burung jantan cenderung membusungkan dadanya saat melihat / bertemu burung cucak jenggot lainnya.

Ciri Ciri Burung Cucak Jenggot Betina

  1. Ukuran tubuh lebih pendek. dengan postur yang lebih bulat.
  2. Bentuk kepala cenderung lebih kecil, dengan paruhnya agak rata.
  3. Kelopak mata terlihat lebih tipis, dengan mata yang mengkilap.
  4. Leher lebih pendek. Saat melenggok sering disertai gerakan tubuh.
  5. Postur tubuh lebih membungkuk saat bertengger.
  6. Bentuk ekornya lebih pendek dan cenderung melengkung.
  7. Tulang supit lebih renggang, apalagi kalau burung pernah bertelur.
  8. Burung sering bertelur saat birahi mereka naik.
  9. Suara kicauan cenderung monoton, meski terkadang akan bernyanyi dengan suara nyaring.
  10. Burung betina akan menggetarkan kedua sayap (ngeleper) saat digantung tidak jauh dari jantan gacor.
  11. Warna dan tampilan bulu tidak bisa dijadikan tolok ukur, karena burung cucak jenggot itu sendiri terdiri dari empat subspesies / ras, tiga di antaranya ada di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Ketiga ras ini memiliki tampilan bulu yang berbeda sesuai habitatnya.
BACA JUGA :  Manfaat Dan Harga Tangkringan Pasir Laut Untuk Burung Kicau

Nah itulah Perbedaan Burung Cucak Jenggot Jantan Dan Betina yang kami ambil dari berbagai sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang tertarik ingin memelihara burung cucak jenggot. salam sukses selalu untuk para kicau mania di indonesia.