Pakan Alternatif Untuk Burung Branjangan

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung branjangan, diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai Manfaat Pasir Didasar Sangkar Burung Branjangan, dan dikesempatan kali ini admin juga akan membahas artikel mengenai Pakan Alternatif Untuk Burung Branjangan.

Untuk membuat burung branjangan bahan cepat bunyi yaitu dengan memberikannya pakan yang sesuai dengan makanan yang di dapat di alam liar. Pakan ini diberikan sebagai alternatif bagi burung dalam perawatan harian. Tetapi sebelum memulainya, Anda harus memastikan bahwa branjangan yang dipelihara berjenis kelamin jantan. karena burung jantan memiliki kicauan yang lebih keras dibanding betina. dan juga rajin dalam berkicau.

Sebenarnya banyak pakan alternatif yang bisa diberikan kepada burung branjangan yang dipelihara dirumah, selain pakan tambahan atau extra fooding yang biasa diberikan biasanya. dan berikut ini Pakan Alternatif Untuk Burung Branjangan yang bisa anda berikan.

1. Padi yang masih muda

Burung branjangan lokal biasa ditemukan di semak-semak dalam area persawahan. Hal ini tentu ada alasannya. Selain mencari pakan berupa serangga seperti belalang, branjangan juga kerap memakan padi-padian di sawah, terutama padi yang masih muda. Padi sangat bermanfaat bagi branjangan, terutama sebagai tambahan energi dan sumber mineral. Analisi gizi padi menunjukkan kandungan pati sangat besar (80-85%). Selain itu, meski dalam jumlah kecil, padi juga mengandung protein dan vitamin, terutama pada lapisan luar yang terdapat pada bijinya (beras) yang disebut aleuron. Padi juga mengandung beberapa jenis mineral dan air.

2. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan protein tinggi, dan sumber mineral penting seperti kalsium (Ca) dan fosfor (P). Sedangkan kandungan lemak dalam biji kacang hijau berupa asam lemak tak jenuh. Kacang hijau juga bisa diberikan kepada branjangan. Pemberian kacang hijau untuk burung sebenarnya sudah lama dilakukan, khususnya oleh penggemar burung kenari dan burung jenis finch di mancanegara. Untuk branjangan, kacang hijau bisa diberikan dengan cara ditumbuk terlebih dulu atau dibiarkan apa adanya.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Mencetak Lovebird Konslet Di Mulai Dari Sejak Balibu

3. Kroto

Kroto atau telur semut rangrang merupakan pakan utama yang bisa diberikan kepada branjangan setiap pagi, dengan porsi 1 sendok makan. Pemberian kroto secara rutin bisa merangsang burung branjangan bahan cepat berbunyi.

4. Belalang

Di alam liar, belalang sering terlihat di rerumputan, tumpukan jerami, menempel pada batang tanaman padi atau tanaman perkebunan. Branjangan pun sering berada di sana, untuk memburu belalang. Kebiasaan di alam liar ini juga bisa diterapkan pada branjangan yang dipelihara dalam sangkar. Dalam hal ini, belalang yang dianjurkan untuk diberikan kepada branjangan sebaiknya berukuran kecil dan berwarna hijau. Jangan memberikan belalang dengan warna belang hitam kuning atau belalang dengan warna gelap.

5. Undur-undur

Beberapa khasiat undur-undur bagi branjangan, antara lain bisa menjadi obat antistress. Selain itu, undur-undur memiliki kandungan EPA dan DHA yang sangat tinggi. Pemberian undur-undur kepada branjangan bahan tentu akan lebih membuat burung lebih aktif, lincah, dan bisa merangsang dia untuk mulai bunyi.

6. Biji-bijian

Pakan bijian bisa menggunakan campuran beberapa bahan biji-bijian yang didapatkan dari pakan kenari atau bahan lainnya seperti milet dan sebagainya. Semua bijian dicampur jadi satu. Salah satu alternatif yang cocok untuk branjangan adalah biji-bijian yang sudah diolah dengan bahan-bahan bermanfaat, seperti kuning telur, madu dan jahe. Selain menyehatkan, juga berguna bagi branjangan terlebih dalam cuaca dingin atau sering hujan.

Nah itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pakan Alternatif Untuk Burung Branjangan, informasi ini kami ambil dari berbagai sumber dan dari pengalaman para kicau mania di indonesia.