Mengenal Burung Kapasan Kemiri, Ciri, Habitat Dan Makanan

Cherewed.com – Bagi para pecinta burung kicau, tentunya tahu dengan jenis burung yang satu ini, Ya burung kapas kemiri,  burung Kapasan kemiri merupakan spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Lalage. Dan merupakan jenis burung pemakan serangg yang memiliki habitat di lahan pertanian, dataran rendah terbuka, hutan sekunder, hutan mangrove, tersebar sampai ketinggian 1.000 m dpl.

Burung ini memiliki postur yang berukuran sedang, dan panjangnya sekitar 16 cm. burung ini sedikit mitip dengan burung kacer karena hanya memiliki dua warna yaitu hitam dan putih. namun ke duanya memiliki perbedaan dan kelebihannya masing-masing.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui tentang burung kapasan kemiri secara detail, silahkan simak artikel yang akan admin bahas berikut ini. kita awali dengan membahas ciri-ciri dari burung kapas kemiri.

Ciri-ciri Burung Kapasan Kemiri

Untuk ukuran tubuh burung kapasan kemiri panjang tubuhnya sekitar 16 cm, untuk ciri fisik lainnya antara jantan dan betina kapasan kemiri hampir sama, namun ada beberapa perbedaan dengan ciri-ciri fisik seperti di bawah ini.

Cara membedakan kapasan kemiri jantan dan betina lebih mudah dilakukan ketika burung sudah dewasa, karena perbedaannya akan terlihat jelas, dibandingkan dengan yang masih anakan. Selain itu, burung kapasan kemiri jantan yang muda, memiliki penampilan fisik yang mirip dengan kapasan betina dewasa.

Perbedaan Burung Kapasan kemiri Jantan dan Betina

Burung Kapasan Kemiri Jantan :

  • Bagian tubuh atas, warna bulunya hitam yang kontras dan cerah
  • Sayapnya bewarna hitam dan memiliki bulu putih garis
  • Pada pinggiran sayap pada penutup sayapnya terdapat bulu warna putih
  • Memiliki alis dengan bulu putih yang lebih lebar, dengan strip hitam
  • Warna paruhnya abu-abu dan ujung paruhnya bewarna hitam
  • Kakinya bewarna hitam
BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Agar Gacor Dan Cepat Ngobra

Burung Kapasan Kemiri Betina :

  • Bulu warnanya coklat kelabu/coklat, tidak sehitam bulu jantan
  • Bagian dada betina, bulunya terdapat garis hitam
  • Memiliki warna kuning buruk pada tubuh bagian atas betina dewasa ( ini juga dimiliki oleh jantan muda )
  • Memiliki warna putih abu-abu burik pada bagian tubuh bawahnya

Habitat Burung Kapasan Kemiri

Ketika di alam liar, burung kapasan kemiri lebih sering menyukai diam di tempat yang terbuka, entah itu mendiami tempat dataran rendah dan tempat dataran tinggi seperti menempati hutan bakau/mangrove dan hutan cemara kecil. Persebaran burung kapasan kemiri pied triller (Lalage nigra) ini tersebar cukup luas termasuk ke Indonesia. Persebaran kapasan kemiri terdapat di Filipina, Singapura, Semenanjung Malaysia, Thailand dan Indonesia ( jawa tengah, Kalimantan, jepara, karimun jawa, Bangka dan sumatera ).

Ras kapasan Kemiri

  • Lalage nigra nigra: Persebaran di Filipina dan Kalimantan serta pulau kecil di sekitarnya
  • Lalage nigra striga : Persebarannya di tengah jawa ( termasuk jepara dan karimunjawa ) dan wilayah barat, Belitung, Bangka, sumatera, singapura, Thailand Selatan dan Semenanjung Malaysia
  • Lalage nigra davisoni : habitatnya di Kep. Nicobar ( Trinkat, Katchall dan Camorta ) dan Kep, Andaman Selatan

Makanan Kapasan Kemiri

Kapasan kemiri biasa mengkonsumsi hewan serangga seperti laba-laba, ulat, dan biasanya ketika mencari makanan ketika di alam liar, burung ini akan mencarinya di sekitar dedaunan. Kapasan kemiri tergolong burung yang pemalu, untuk itu ketika di alam liar burung ini sering bersembunyi di sekitar dedaunan sambil mencari makanan.

Mereka sering hidup di jumpai secara sendirian, terkadang berpasangan atau berkelompok dengan kelompok kecilnya. Ketika berkembangbiak, kapasan kemiri memiliki akan bertelur sebanyak 2 butir dengan warna telurnya kuning tua serta terdapat bintik coklat dengan meletakannya di sarangnya yang terbuat dari ranting dengan bentuk cawan yang di simpan di dahan-dahan pohon.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Jalak Kebo Terlengkap

Itulah artikel mengenai Mengenal Burung Kapasan Kemiri, Ciri, Habitat Dan Makanan yang dapat admin sampaikan, anda juga dapat membaca artikel lainnya yang membahas mengenai burung kicau secara lengkap di situs cherewed.com. salam sukses!