Manfaat Pasir Didasar Sangkar Burung Branjangan

Cherewed.com – Untuk para pemula yang ingin memelihara burung branjangan, pastinya selalu bertanya, Apa manfaat pasir yang disimpan di dasar sangkar burung branjangan? oke disini admin akan memberikan penjelasan mengenai manfaat pasir tersebut.

Pemeliharaan burung branjangan memang sedikit berbeda dengan jenis burung kicau lainnya. Biasanya sangkar burung branjangan memiliki tinggi yang melebihi sangkar burung kicauan lainnya. Bahkan ada sangkar yang tingginya mencapai 2 meter. nah alasan kenapa sangkar burung branjangan sangat tinggi ternyata untuk memberikan keleluasaan burung sesuai dengan karakternya di alam liar. Branjangan memiliki kebiasaan melakukan hovering, yaitu gaya terbang secara vertikal.

Gaya hovering ini biasanya dilakukan pada saat menjaga wilayah teritorialnya, atau ketika burung jantan berusaha merayu atau mencari perhatian si betina. dalam perawatan manusia, gaya hovering ini juga seringkali diperlihatkan. Memberikan sangkar standar berarti akan menghilangkan karakter aslinya, sehingga akan mengurangi semua penampilan burung ini, termasuk mengurangi aktivitas berkicaunya

Kita sering menemukan pasir yang disebar di bagian dasar sangkar burung branjangan. Nah, fungsi dari pasir inilah yang kerap menjadi bahan pertanyaan para penggemar burung branjangan, khususnya para pemula yang baru terjun ke dunia branjangan.

Lalu Apa Manfaat Pasir Didasar Sangkar Burung Branjangan?

Disini ada 4 manfaat atau kegunaan pasir yang terdapat didalam sangkar, salah satunya bisa anda simak dibawah ini :

1. Memudahkan kita dalam membersihkan kotoran

Karena dasar sangkar tidak memiliki sekat jeruji, maka kotoran burung akan menumpuk. Jika dibiarkan dalam waktu lama lama, tentu bisa menjadi sarang bakteri atau tungau. Kotoran yang telah menempel lama pada dasar sangkar tentu menyulitkan kita saat membersihkanya. Dengan adanya pasir yang diratakan pada bagian dasar sangkarnya, maka kotoran akan bercampur sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, bisa mencegah munculnya bakteri atau tungau dari kotoran yang menumpuk.

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Kutilang Semua Jenis Update Terbaru

2. Menjadi media mandi pasir bagi branjangan

Burung branjangan di alam liar menyukai habitat di daerah kering dan berpasir. Branjangan sangat menyukai mandi pasir atau kipu. Dengan menyediakan pasir pada dasar sangkarnya, burung branjangan akan memanfaatkanya sebagai media untuk mandi pasir. Mandi pasir juga bermanfaat sebagai penghilang stress bagi beberapa jenis burung kicauan lainnya.

3. Membantu dalam pengaturan suhu

Keberadaan pasir pada dasar sangkar burung branjangan juga bisa membantu dalam pengaturan suhu. Seperti diketahui, branjangan sering beraktivitas dalam kondisi atau suhu yang hangat atau panas. Saat dijemur, maka pasir yang ada di dalam sangkar akan menjadi panas, sehingga suhu sangkar terasa hangat sampai kemudian burung beristirahat pada sore harinya.

Pada saat musim hujan atau musim dingin, suhu dalam sangkarnya pun bisa diatur menjadi hangat dengan memberikan pasir yang telah dipanaskan terlebih dulu (disangrai).

4. Bermanfaat sebagai grit dan sumber kalsium

Jenis pasir yang paling umum digunakan adalah pasir pantai, pasir zeolit, atau tumbukan bata merah. Pasir-pasir ini memiliki manfaat sebagai grit yang bisa membantu pencernaan burung, terutama membantu mencerna biji-bijian. Selain itu, banyak penggemar yang mencampurkan parutan tulang sotong ke dalam pasir untuk menjamin ketersediaan kalsium dan mineral lainnya .

Nah itulah Manfaat Pasir Didasar Sangkar Burung Branjangan, jadi semua alat yang berada di sangkar tersebut memiliki fungsinya/manfaatnya masing-masing. semoga artikel ini dapat membantu anda bagi yang belum tahu manfat dari pasir yang ada di dalam sangkar burung branjangan. salam.