Khasiat Undur-Undur Untuk Burung Branjangan dan Perkutut

Cherewed.com – Apakah anda tahu dengan hewan yang satu ini? Ya undur-undur merupakan salah satu hewan yang berukuran kecil dan hidupnya di pasir tanah. kenapa namnya undur-undur? ada sebagian orang mengatakan kenapa disebut undur-undur, karena memang jalannya mundur, tidak ke depan.

Dan tahu kah anda, hewan yang satu ini memiliki manfaat untuk manusia dan juga hewan seperti burung. Rupanya, undur-undur yang termasuk anggota famili Myrmeleontidae ini ampuh untuk mengatasi burung yang macet bunyi, khususnya branjangan, membuat anggung perkutut makin merdu, dan tentu saja bisa dimanfaatkan untuk pengobatan pada manusia.

Namun saat ini undur-undur semakin susah untuk didapatkan, ya mungkin karena pemukiman sudah mulai padat, namun biasanya di kampung-kampung hewan ini masih mudah untuk didapatkan.

Lalu apa manfaat undur-undur untuk burung branjangan dan perkutut?

Untuk manfaat undur-undur bisa anda simak penjelasan yang ada artikel ini sampai selesai.

Obat stres untuk branjangan macet

Khasiat undur-undur untuk mengatasi stres pada burung branjangan yang macet bunyi . Caranya, tumbuklah batu bata hingga halus, lalu dicampur dengan BirdMineral. Masukkan tumbukan batu bata yang sudah dicampur BirdMineral ke dalam sangkar branjangan. Selanjutnya, masukkan 10-15 undur-undur yang masih hidup, yang nantinya akan bersarang dalam tumbukan batu bata dan menjadi hiburan tersendiri bagi branjangan. Burung pun akan mengejar undur-undur untuk dimakan.

Meningkatkan kualitas anggung burung perkutut

Beberapa penggemar perkutut di daerah Cirebon dan sekitarnya sering memberikan undur-undur kepada burung kelangenannya. Caranya, undur-undur dilolohkan langsung ke mulut burung. Cara seperti ini pun pernah dilakukan Suganda, Menurut Suganda, undur-undur bisa membuat suara perkutut menjadi lebih merdu. Tak hanya itu, undur-undur juga bisa meningkatkan stamina burung sehingga tidak mudah terkena penyakit. Saya pribadi belum mengetahui secara pasti dampak positif maupun negatif dari pemberian undur-undur hidup terhadap burung perkutut.

BACA JUGA :  Setting Dan Rawatan Harian Lovebird Tipe Basah Untuk Lomba Terlengkap

Mengandung asam lemak omega-3 tinggi

Undur-undur terdiri atas dua jenis yang hidup di tempat berbeda. Yang satu hidup di darat, sebagaimana undur-undur yang dimaksud dalam penjelasan sebelumnya. Yang satu lagi hidup di laut (undur-undur laut).

Keduanya memiliki khasiat yang sama dan mengandung asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) yang tinggi. Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yakni Dindin Hidayatul Mursyidin, Salahuddin Muhammad, Dian Pribadi Perkasa, Sekendriana, dan Prabowo, menunjukkan bahwa undur-undur laut mengandung lemak total 17,22-21,56 persen.

Adapun kandungan EPA dan DHA sekitar 7,75-14,48 persen lebih tinggi daripada jenis crustacea lain seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting. Jika dirinci, maka kandungan EPA sekitar 6,41-8,43 %, lebih tinggi daripada DHA yang hanya 1,34 – 6,57 %.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan, informasi ini kami ambil dari berbagai sumber. salah satunya dari situnya omkicau. semoga artikel mengenai Khasiat Undur-Undur Untuk Burung Branjangan dan Perkutut ini bisa bermanfaat bagi anda pa kicau mania di indonesia. salam sukses selalu.