Cara Meredam Perilaku Agresif Burung Parkit di Kandang Koloni

Cherewed.com – Burung Parkit merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak keunggulan. Tidaklah heran apabila harga burung Parkit tidak murah. Burung yang memiliki nama latin Canuropsis Carolinensis ini memiliki suara kicau unik dan merdu. keindahan bulu-bulunya mampu menarik perhatian siapa saja. Tidak heran bila Parkit bisa dikategorikan sebagai burung kicau sekaligus burung hias.

Burung parkit juga termasuk kepada slah satu jenis burung yang cepat dalam berkembang biak, baik dalam kandang koloni maupun kandang battery. namun burung ini bisa mengalami perubahan perilaku, misalnya terlalu agresif, dan menjadi burung yang sangat galak tentu saja hal ini akan mebahayakan burung lainnya yang berada dikandang koloni. nah untuk mengatasinya silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan di artikel ini sampai selesai.

Cara Meredam Perilaku Agresif Burung Parkit di Kandang Koloni

1. Gunakan kandang yang tidak terlalu sempit

Jika beberapa pasang burung parkit ditempatkan dalam satu kandang yang sempit, kemungkinan besar mereka akan saling menyerang. Ukuran kandang yang sempit akan membatasi ruang gerak burung, sehingga bisa muncul perilaku agresif satu sama lainnya. Penggunakan kandang yang luas dapat mengurangi perilaku agresif burung parkit di dalamnya.

2. Sediakan kotak sarang / gelodok lebih banyak

Cara lain yang efektif dalam meredam perilaku agresif burung parkit dalam kandang koloni adalah menyediakan kotak sarang / gelodok lebih banyak daripada dari jumlah pasangan induk itu sendiri. Ada kasus dua induk parkit betina memilih kotak sarang yang sama. Hal ini bisa menyebabkan perselihan di antara keduanya. Dengan menyediakan kotak sarang tambahan, maka induk yang lemah bisa memiliki lebih banyak pilihan mengenai kotak sarangnya.

BACA JUGA :  Cara Akurat Dan Ampuh Merawat Burung Kacer Mbagong

3. Jaga jarak antar-gelodok

Jangan meletakkan beberapa gelodok dalam jarak terlalu berdekatan, apalagi saling menempel. Hal itu dapat memicu pertengkaran antara pasangan yang satu dan lainnya. Meski tidak termasuk burung teritorial seperti kacer atau murai batu, parkit cenderung bersifat agresif ketika berbiak. Induk betina akan berusaha melindungi sarangnya dan tidak akan membiarkan burung lain masuk ke wilayahnya. Jika dilanggar, bisa terjadi pertengkaran yang akan melukai salah satu atau keduanya.

4. Berikan pakan yang tepat

Pemberian pakan yang tepat bisa membantu meredam perilaku agresif pada burung parkit. Induk yang tak terpenuhi kebutuhan nutrisinya cenderung memunculkan perilaku agresif secara berlebihan. Untuk meredam perilaku agresif tersebut, peternak bisa memberikan pakan tambahan. Misalnya soft food atau pakan ringan seperti telur rebus, jagung muda, gandum, sayuran berdaun hijau, dan nasi. Penyediaan salah satu / beberapa jenis pakan tersebut bisa mengurangi perilaku agresif burung parkit selama berkembang biak.

Demikianlah informasi mengenai Cara Meredam Perilaku Agresif Burung Parkit di Kandang Koloni yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai tips dan cara merawat burung di situs cherewed.com.