Cara Merawat Burung Manyar Agar Sehat dan Rajin Bunyi

Cherewed.com – Anda sebagai penghoby burung kicau tentunya tahu dengan jenis burung yang satu ini, ya burung Manyar, burung ini merupakan salah satu burung yang lumayan cukup dikenal oleh para pecinta burung. burung mnyar termasuk anggota keluarga Ploceidae. Burung pemakan bijian ini biasanya ditemukan di kawasan pedesaan yang masih memiliki lahan pertanian atau pinggiran hutan.

Burung ini menjadi burung peliharaan populer setelah diketahui bahwa burung ini memiliki suara yang merdu dan bisa menirukan suara burung lainnya. namun tetap apabila anda ingin burung manyar yang anda miliki rajin berbunyi dan mengluarkan suara merdunya dibutuhkan perawatan yang tepat.

Maka dari itulah disini admin akan memberikan  Tips atau cara merawat burung manyar agar selalu sehat dan rajin berbunyi. ada 3 spesies burung manyar yang dikenal oleh banyak orang yaitu burung manyar tempua, manyar jambul, dan manyar emas. Dari ketiga spesies tersebut, manyar tempua dan manyar jambul paling banyak dipelihara.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatan burung manyar adalah memenuhi kebutuhan gizinya, termasuk melengkapinya dengan protein hewani yang berasal dari pakan tambahan atau extra fooding.

Walaupun burung manyar dikenal sebagai burung pemakan biji-bijian, Namun sifatnya berbeda dari jenis burung pemakan bijian yang lainnya. Selain mengkonsumsi biji-bijian, manyar juga sangat menyukai beberapa jenis serangga. Oleh karena itu, dalam perawatan hariannya, burung manyar membutuhkan EF berupa serangga hidup.

Beberapa pakan hidup yang sangat disukai burung manyar adalah ulat hongkong, jangkrik berukuran kecil, rayap atau laron, dan kroto. Pakan-pakan tersebut bisa diberikan dalam porsi dan waktu yang bervariasi, misalnya :

  • Pagi hari ketika burung dikeluarkan untuk diembunkan, berikan 1 sendok teh kroto. Kroto diberikan dalam bentuk segar, atau dicampur dengan parutan buah apel seperti yang biasa diberikan kepada ciblek atau tledekan.
  • Setelah matahari mulai terbit, burung manyar diberikan 2-3 ulat hongkong.
  • Setelah dimandikan dan sedang diangin-anginkan, berikan 2-3 ekor jangkrik kecil.
  • Selanjutnya, burung diberi pakan biji-bijian dan sayuran atau buah hingga sore hari, sambil dilakukan pemasteran menggunakan suara burung yang sesuai, misalnya suara kenari, gelatik wingko, ciblek, prenjak, blackthroat, dan sebagainya.
  • Sore hari, burung kembali diberi 1 ekor ulat hongkong dan 1 ekor jangkrik. Setelah itu, burung dibiarkan beristirahat hingga esok hari.
BACA JUGA :  Ciri Fisik Burung Kacer Betina Yang Paling Mudah Dan Akurat

Proses penjinakan burung manyar

Umumnya burung manyar yang dijual di pasar burung berupa bakalan. Kondisinya masih liar / giras, sehingga diperlukan proses penjinakan terlebih dulu. Proses penjinakan burung manyar bisa dilakukan dengan cara memandikannya hingga basah kuyup, baik disemprot atau dipegang tangan kita.

Setelah basah kuyup, burung digantung di tempat yang rendah di lokasi yang banyak dilalui manusia. Ketika burung akan beristirahat, sangkarnya bisa digantang di ruangan keluarga atau ruangan yang penuh dengan aktivitas keluarga.

Sebenarnya burung manyar ini sangat mudah beradaptasi dengan manusia. Perilaku tersebut bisa diamati pada burung-burung manyar liar. Beberapa tahun lalu, kita masih bisa melihat keberadaan burung manyar di halaman atau pekarangan rumah tanpa merasa terganggu oleh aktivitas manusia.

Populasi burung manyar di alam liar kini semakin menipis. Banyak lahan pertanian atau perkebunan yang dulu menjadi tempat bercengkrama burung manyar, kini berganti menjadi kawasan permukiman penduduk. maka dari itulah pada saat ini burung manyar lumayan susah untuk ditemukan.

Demikianlah Cara Merawat Burung Manyar Agar Sehat dan Rajin Bunyi yang dapat admin sampaikan, semoga artikel yang sudah admin sampaikan bermanfaat bagi para kicau mania yang memiliki burung peliharaan manyar.