Cara Merawat Burung Kakatua Yang Kehilangan Bulunya

Cherewed.com – Anda tentunya tahu dengan burung yang satu ini, ya burung kaka tua, burung ini merupakan jenis burung populer yang memiliki banyak peminatnya. burung ini memiliki tingkat kecerdasan yang baik, dan sangat panadai dalam menirukan beragam suara. namun apabila burung ini sedang stres, burung ini sering sekali berperilaku menyakiti diri sendiri, misalnya mencabuti bulu-bulunya sampai botak.

Namun kebotakan pada burung kakatua bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain mengidap jenis penyakit tertentu, seperti terserangnya parasit, dan lain sebagainya. Salah satu jenis penyakit pada burung paruh bengkok yang menyebabkan kebotakan adalah Pssitacine Beak and Feather Disease. Gangguan parasit seperti tungau atau kutu juga menyebabkan rasa gatal pada kulit, sehingga burung berusaha mengurangi rasa gatal itu dengan mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Perilaku mencabuti bulu-bulunya sendiri juga bisa terjadi ketika burung kakatua mengalami rasa frustasi, kebosanan, hingga stres. apabila kodisi tersebut kita biarkan. maka prilaku burung tersebut akan semakin tidak terkontrol. Mereka akan terus mencabuti bulu-bulunya sampai habis tak bersisa. Apabila perilaku tersebut tidak segera dihentikan, maka burung kakatua bisa mengalami botak permanen.

Ada Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi burung kakatua yang kerap mencabuti bulunya. simak :

  • Memberikan terapi dengan kerah khusus.
  • Memberinya teman / pasangan untuk berinteraksi.
  • Memberikan mainan untuk menghilangkan rasa bosan.
  • Memberikan pengobatan jika perilaku tersebut disebabkan gangguan parasit / penyakit.

Untuk memulihkan kondisi burung tersebut dan mempercepat pertumbuhan kembali bulu-bulunya, silahkan ikuti cara merawat burung kakatua yang kehilngan bulunya berikut ini :

1. Berikan pakan alami yang lebih lengkap dan kaya gizi

BACA JUGA :  Daftar Harga Burung Sikatan Londo Update Terbaru

Defisiensi nutrisi akan menyebabkan bulu mudah rusak dan kulit terasa sanga gatal. Kondisi inilah yang bisa memicu perilaku mencabuti bulu-bulunya sendiri. Untuk pemulihan kondisinya, berikan pakan alami yang lebih lengkap dan kaya gizi.

Jenis-jenis pakan yang bisa diberikan kepada burung kakatua

  • Pakan bijian seperti kacang-kacangan dan kuaci / biji bunga matahari.
  • Buah dan sayuran seperti pepaya, apel, pisang, selada, wortel, jagung, dan sebagainya.
  • Air putih (tanpa rasa) sebagai air minumnya.

2. Berikan terapi herbal

Terapi herbal adalah cara paling aman untuk mengatasi masalah kebotakan pada burung kakatua. Salah satu bentuk terapi yang dapat dilakukan adalah mengoleskan jel dari daun lidah buaya ke permukaan kulit burung yang botak. Terapi ini diharapkan bisa mempercepat proses pertumbuhan bulu baru.

3. Berikan multivitamin dan multimineral

Untuk membantu pemulihan dan mempercepat proses pertumbuhan bulu di area tubuh yang botak, burung kakatua harus memperoleh aneka vitamin dan mineral secara cukup.

4. Berikan mainan kepada kakatua

kita juga bisa memberikan mainan dari kayu atau karet yang kenyal dan kuat. Dengan cara ini, burung kakatua akan memiliki kesibukan baru dengan menggigiti mainannya, sehingga bisa melupakan perilaku buruknya. Hal ini sangat penting, terutama untuk mendukung pertumbuhan bulu baru.

5. Selalu berinteraksi dengan burung

Kakatua adalah burung yang cerdas dan bersifat sosial. Mereka akan senang ketika pemiliknya selalu mengajaknya berinteraks

Demikianlah tips atau Cara Merawat Burung Kakatua Yang Kehilangan Bulunya, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang mengalami keluhan sama seperti diatas. anda juga dapat membaca artikel linnya mengenai berbagai jenis burung di situs cherewed.com.