Cara Merawat Burung Decu Macet Bunyi Supaya Gacor Kembali

Cherewed.com – Diartikel sebelumnya admin sudah membahas informasi mengenai Cara Merawat Burung Decu Bakalan Agar Rajin Berkicau dan Aktif, dan dikesempatan kali juga admin akan membahas mengenai Cara Merawat Burung Decu Macet Bunyi Supaya Gacor Kembali. anda tentunya tahu dengan jenistu ini. karena memang i di artikel sebelumnya.

Apabila kita memiliki burung peliharaan yang tadinya sangat rajin bunyi namun tida-tiba burung tersebut menjadi jarang berkicau atau macet bunyi, pastinya masalah ini sangat membuat kita cemas dan kecewa. bagaimana tidak, untuk merawat burung menjadi rajin berkicau bukan hal mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar, terutama burung decu di pelihara sejak masih anakan, dan setelah burung gacor malah  mendadak malas bunyi. tentu hal ini akan sangat mengecewakan.

Masalah burung macet bunyi memang merupakan hal yang sering terjadi kepada para para kicau mania. nah bagi anda yang ingin mengetahui apa penyebab dari burung decu bisa macet bunyi, silahkan simak penjelasan yang akan admin sampaikan di situs ini.

Penyebab Burung decu Macet Bunyi

Kenapa burung decu bisa menjadi malas bunyi, pastinya memiliki penyebab yang berbeda-beda. Namun, secara umum berikut ini adalah penyebab burung decu macet bunyi :

  • Burung decu kekurangan birahi
  • Burung di gantang terlalu dekat burung lainnya
  • Burung takut karena di ganggu hewan predator, seperti tikus, kucing, anjing , Dll

Cara Merawat Burung Decu Macet Bunyi

Untuk memulihkan kondisi burung decu ke kondisi terbaiknya seperti semula, maka ada treatmen khusus, sehingga ketika sudah pulih burung menjadi aktif dan rajin berkicau kembali.

BACA JUGA :  Burung Raja Udang

1. Pengembunan dan Mandi malam

Untuk burung decu yang macet bunyi dan hanya berkicau ngeriwik saja, maka untuk mgantasinya antara lain :

  • Setiap hari burung decu di embunkan sebelum matahari terbit pada pagi hari sambil memberikan pakan kroto 1 sendok teh
  • Mandika burung sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu
  • Setelah dimandikan burung di gantang di tempat yang hangat, seperti menggantangnya di bawah lampu, sambil memberikan jangkrik sebanyak 2 sampai 3 ekor dan 3-5 ekor ulat hongkong
  • Setelah burung mengkonsumsi pakan yang di berikan dan bulunya kering, krodong sangkarnya agar beristirahat dengan cukup pada malam hari

2. Jauhkan dari burung sejenis

Untuk memulihkan kondisinya maka jauhkanlah dengan burung sejenis lainnya yang memiliki sifat fighter seperti murai batu, kacer atau burung decu itu sendiri. Hingga burung tersebut tidak melihat burung Foghter lainnya, dan bila perlu tidak mendengar suaranya juga.

3. Atur Ulang Ekstrafooding

Burung decu yang hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja dan kekurangan birahi akan membuatnya menjadi macet bunyi.

Untuk mengatasinya dengan menambahkan pakan Ekstrafooding, Settingannya antara lain :

  • Berikan 5 ekor jangkrik setiap hari yang di berikan pada pagi dan sore hari
  • 7 ekor ulat hongkong yang diberikan pada pagi hari dan sore hari
  • Pakan kroto di berikan 2 sampai 3 kali dalm seminggu, atau di berikan pada saat di embunkan
  • Berikan suplemen atau Multivitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya
  • Berikan Suara Terapi
  • Putar suara terapi dari burung decu liar dan alam ketika pagi dan sore hari untuk mengembalikan kondisinya.

Kami ucapkan terimakasih karena telam membaca informasi yang sudah admin sampaikan do situs cherewed.com, semoga cara yang sudah admin sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang mengalami maslah sama.