Cara Merawat Burung Decu Bakalan Agar Rajin Berkicau dan Aktif

Cherewed.com – Apakah anda tahu dengan jenis burung yang satu ini? Burung decu, Mungkin untuk sebagian para pemula yang baru terjun kedalam dunia kicau, masih asing dengan jenis burung yang satu ini. burung decu merupakan salah satu burung kicau yang memiliki tubuh mungil, dan juga memiliki suara merdu yang tidak kalah dengan jenis burung kicau lainnya.

Pada umumnya burung decu ini dikenal sebagai burung yang sangat aktif dan berkicau. namun hal tersebut tergantung dari perawatannya. sama saja seperti burung yang lain apabila kurang perawatan atau perawatannya tidak teapt, maka burupun akan mudah stres dan terserang penyakit.

Perawatan burung decu supaya burung tersebut tetap aktif sepanjang hari bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhan hariannya. Selain itu, supaya burung nantinya rajin bunyi, gantangkan sangkarnya di dekat burung lain, atau rutin melatihnya.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana Cara Merawat Burung Decu Bakalan Agar Rajin Berkicau dan Aktif silahkan simak penjelasan atau tahapan-tahapan dibawah ini.

1. Beradaptasi

Untuk beberapa hari burung decu di beli, sebaiknya di simpan di tempat yang sepi dan nyaman terlebih dahulu, karena jika di simpan di tempat yang ramai, takutnya burung menjadi stress, karena belum menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya tersebut.

2. Jangan dimandikan

Burung decu muda, sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu , apalagi dimandikan sampai basah kuyup. Mandikan burung decu ketika kondisinya benar-benar dalam kondisi terbaiknya, seperti ketika burung sangat aktif atau dalam keadaan sehat. Dan itupun jangan dimandikan dulu hingga basah kuyup, tapi cukup mandikan sekedarnya saja untuk perkenalan.

3. Full Ekstrafooding

Hingga kondisi burung decu bakalan membaik, berikan pakan ekrafooding setiap harinya . dan ketika kondisinya membaik, berikan pakan voer. Dan jika belum terbiasa makan voer, bisa di ajarkan terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Mengenal Ciri Ciri Burung Lovebird Biola

4. Berikan Multivitamin

Agar kondisi sepanjang hari terjaga baik, setiap harinya berikan multivitamin yang dicampur pada pakan yang di berikan.

5. Perawatan Harian

Ketika burung decu muda sudah kembali kondisi terbaiknya dengan terlihat sangat aktif dan lincah, maka untuk perawatan memandikan, menjemur dan proses penjinakan bisa dilakukan. Setelah perawatan yang dilakukan di atas, maka lambat laun burung decu akan belajar berkicau.

Setelah burung decu mulai tampak lebih aktif dan lincah, dan mau mengeluarkan suaranya, selanjutnya  program pemasteran bisa dilakukan dengan cara menggantang sangkarnya dekat dengan sangkar burung lain yang sudah gacor.

Demikianlah Informasi yang bisa admin sampaikan kepada anda, kami ucapkan terimakasih karena telah membaca informasi yang admin sampaikan mengenai Cara Merawat Burung Decu Bakalan Agar Rajin Berkicau dan Aktif, dan anda juga dapat membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan burung kicau di situs Cherewed.com. salam kicau mania!