Cara Merawat Burung Cingcoang Coklat Agar Rajin Bunyi

Cherewed.com – Apakah anda tahu tentang jenis burung yang satu ini? bagi para penggemar burung peliharaan tentunya tahu deng burung Cingcoang Cokelat , burung ini sering disebut burung jongkangan. saat ini burung tersebut semakin banyak peminatnya, suaranya ang nyaring dan bervariasi membuat burung ini menjadi salah satu jenis burung incaran bagi para kicau mania.

Burung ini sangat mudah dalam perawatannya, namun apabila anda menginginkan burung tersebut rajin berbunyi, anda harus memberikan perawatan dan pelatihan yang tepat. sama saja dengan burung jenis lainnya. apabila perawatan dan pelatihannya tidak tepat akan membuat susah burung tersebut untuk rajin berbunyi/berkicau.

Burung cingcoang memiliki postur tubuh kecil dan mungil, dengan panjang sekitar 11 cm. Tubuh bagian atas berwarna cokelat kemerahan, dada berbintik, dan tubuh bawah putih. Ekornya pendek, tetapi kedua kakinya panjang yang menandakan burung ini lebih sering berada di semak belukar dan permukaan tanah.

Walaupun burung ini bertubuh kecil namun salah satu kelebihannya yaitu memiliki suara yang nyaring dan bervariasi. maka tidaklah heran apabila burung ini menjadi salah satu burung kicau incaran bagi orang-orang. dan Selain dipelihara sebagai kelangenan, beberapa kicaumania kerap menjadikan cingcoang cokelat sebagai masteran bagi jenis burung kicauan lainnya.

Perawatan burung cingcoang cokelat agar rajin bunyi tidak terlepas dari pemberian pakan tambahan secara teratur. Burung ini membutuhkan pakan berprotein tinggi untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, tentu harus disertai pola perawatan lainnya seperti mandi, jemur, dan pemasteran.

Burung cingcoang umumnya dijual di pasar burung dalam kondisi masih bakalan dan belum mengenali pakan voer. Karena itu, sangat disarankan untuk melatihnya agar mau makan voer. Selain untuk memudahkan perawatannya, hal tersebut juga membantu menjaga kondisi dan meningkatkan daya tahannya.

BACA JUGA :  7 Tips Dan Cara Agar Burung Cucak Ijo Mini Cepat Gacor Paling Akurat

Lalu bagaimana cara melatih burung bakalan agar mau makan voer?

Bagai anda yang ingin mengetahui cara melatih burung  bakalan Cingcoang Cokelat supaya mau makan voer, silahkan simak dibawah ini :

Cara merawat burung cingcoang cokelat / jongkangan

Setelah burung mau mengonsumsi voer, tahap selanjutnya adalah melatihnya agar mau rajin berbunyi. Berikut ini beberapa panduannya :

  • Setiap pagi, burung dikeluarkan untuk diembunkan. Cingcoang sangat aktif pada pagi hari, terutama sebelum dan sesudah matahari terbit. Pada waktu-waktu tersebut, mereka akan saling bersahutan meramaikan suasana pagi dengan nyanyiannya.
  • Setelah matahari terbit, mandikan burung menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan dalam sangkarnya. Jika sudah terbiasa, bisa dimandikan dalam karamba yang umum digunakan untuk pleci.
  • Usai mandi, burung dianginkan sebentar di tempat sejuk. Pada saat itu, berikan 3-5 ekor ulat hongkong.
  • Setelah itu, burung dijemur selama 30 menit.
  • Usai dijemur, burung dipindahkan ke tempat sejuk, kemudian diberi 2-3 ekor jangkrik kecil.
  • Lakukan pemasteran atau memancingnya dengan suara masteran dari burung piaraan lainnya, atau dari suara mp3.
  • Putarkan juga suara rekaman burung sejenis untuk memancingnya agar mau berbunyi.

Itulah Cara Merawat Burung Cingcoang Cokelat Agar Rajin Bunyi yang dapat admin sampaikan, semoga informasi ini bisa membantu anda supaya burung peliharaan anda lebih rajin berbunyi. Semoga bermanfaat!