Cara Merawat Burung Berkecet Biru-Tua

Cherewed.com – Apakah anda memiliki jenis burung yang satu ini? Jika anda memiliki burung berekecet biru tua, sebaiknya anda simak artikel yang akan admin sampaikan mengenai cara merawat burung berekecet biru tua. burung ini merupakan salah satu burung endemik yang habitat hidupnya hanya di hutan indonesia.

Burung Berkecet Biru-Tua ini hanya bisa dijumpai di wilayah pulau sumatra dan jawa saja. salah satu ciri fisik burung ini yaitu berukuran sedang dan panjangnya sekitar 15 cm. corak warnanya memiliki perbedaan antara burung jantan dan betina. burung jantan memiliki warna biru tua agak kegelapan dibagian seluruh tubuhnya. dan dibagian dahinya tampak berwarna putih perak.

Sedangkan ciri dari burung betina tampak berwarna cokelat kemerahan di bagian atas tubuhnya mulai dari pipi, kepala, tengkuk, punggung, sayap, dan ekornya. Pada bagian bawah tubuhnya mulai dari dada dan area perut sampai tunggir terlihat berwarna abu-abu keputihan yang agak kusam.

Di habitat aslinya, burung ini dikenal sangat pemalu. Sebagian besar waktunya dihabiskan dengan berdiam diri di antara tumbuhan bawah di area hutan pegunungan yang tinggi, sehingga jarang sekali bisa terlihat. Kalau beruntung, Anda hanya akan bisa mendengar suara kicauannya saja yang mengalun merdu.

Berkecet biru-tua mencari makanan dengan cara mengais bebatuan dan dedaunan yang berada di permukaan tanah. Pakannya berupa cacing tanah, kumbang, dan larva serangga. tetapi kadang juga burung tersebut memangsa rayap di pohon dan laba-laba kecil. sebenarnya burung ini memiliki suara yang sangat merdu, namun karena pemalu burung tersebut jarang mengeluarkan suaranya.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui cara Cara Merawat Burung Berkecet Biru-Tua yang baik dan tepat, silahkan simak tahapan-tahapannya berikut ini.

BACA JUGA :  Mengetahui Ciri - Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang Paling Akurat

Berkecet biru-tua umumnya dijual di pasar dan toko burung dengan nama pasaran sunda robin atau anis bintang. Penampilannya sekilas mirip burung decu. Supaya burung berkecet rajin mengeluarkan kicauannya, tentunya burung tersebut membutuhkan perawatan yang tepat Seain pemberian pakan yang sesuai, perawatan lainnya seperti mandi dan jemur juga harus diperhatikan. Berikut ini cara merawat burung berkecet biru-tua agar lebih rajin bunyi.

  • Setiap pagi, sebelum matahari terbit, burung dikeluarkan untuk diembunkan.
  • Berikan pakan tambahan berupa kroto segar (1 sendok teh).
  • Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot halus menggunakan hand sprayer. Bisa juga menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkarnya.
  • Penjemuran seperlunya saja, tidak lebih dari 30 menit. Setelah itu, burung dianginkan di tempat teduh.
  • Berikan pakan tambahan lainnya, misalnya 2-3 ekor ulat hongkong dan 2 ekor jangkrik ukuran kecil.
  • Siang hingga sore hari, sangkarnya dikerodong penuh.
  • Sekitar pukul 15.00, kerodong dibuka dan burung dibiarkan beraktivitas kembali seperti biasa.
  • Berikan lagi pakan tambahan berupa kroto dan ulat hongkong.
  • Menjelang malam hari, burung dikerodong dan dibiarkan beristirahat sampai esok pagi.

Nah bagi anda yang memliki burung Berkecet Biru-Tua supaya rajin bunyi, sebaiknya anda ikuti cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas. dan kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke situs cherewed.com. semoga bermanfaat!