Cara Merawat Bulu Burung Agar Rapih, Bersih dan Berkilau

Cherewed.com – Masih membahas informasi seputar burung peliharaan. diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai cara Cara Merawat Burung Kakatua Yang Kehilangan Bulunya, dan pada saat ini admin juga akan membahas Cara Merawat Bulu Burung Agar Rapih, Bersih dan Berkilau.

Salah satu bagian terpenting dalam perawatan burung adalah bulunya hal tersebut supaya terjaga kesehatannya. Apabila bulu pada burung terlihat keriting, mudah rapuh dan juga kusut pertanda kesehatan burung tidak bagus.

Ada banyak faktor kenapa bulu burung bisa rusak dan terlihat kusam, salah satu penyebabnya bisa anda simak dibawah ini :

Penyebab Bulu Burung Rusak

Biasanya bulu burung yang terlihat kusut dan tidak rapih disebabkan oleh perawatannya yang tidak tepat seperti dalam pemberian pakannya. berikut ini penyebabnya :

  • Lansung di jemur setelah mandi selesai
  • Bulu rusak karena burung sering menabrak sngkarnya
  • Proses mabung tidak benar
  • Kelenjar minyak pada pori-pori di bulunya tersumbat bekas luka atau kotoran
  • Banyak kutu, tungau, dll
  • Salah perawatan

Cara Merawat Bulu Burung

Supaya bulu burung terhindar dari kusut, keriting, rapuh, Silahkan terapkan perawatan berikut, seperti :

  • Jika ada luka di sekitar pada pori bulu, langsung di bersihkan, karena jika luka banyak darah kering, maka akan menyumbat pori-pori bulu
  • Jangan sampai kotor tubuh burung, karena kotornya tubuh burung, bisa menghambat pori-pori yang menyumbat pertumbuhan bulu
  • Jangan langsung di jemur ketika selesai di mandikan, tapi di angin-anginkan terlebih dahulu agar burung punya kesempatan untuk merapihkan terlebih dahulu
  • Jangan semprot burung dengan menggunakan anti kutu yang mengadung bahan yang dapat melunturkan/merusak zat lilin bulu burung ( zat seperti daun talas yang melindungi bulu menjadi tidak mudah basah)
  • Pada saat mabung atau pertumbuhan bulu baru pasca rontok bulu, burung kekurangan kadar lemak, padahal lemak sangat bagus untuk membuat bulu burung menjadi berkilau pada saat mabung
BACA JUGA :  Efek Samping Kelabang Untuk Burung Peliharaan

Anda juga bisa memberikan minyak ikan yang di campurkan dengan pakan yang bisa di konsumsinya, seperti memberikan jangkrik yang sudah di suntik minyak ikan terlebih dahulu.

Nah cara-cara ini sering dilakukan oleh para kicau mania untuk merawat bulu burung supaya sehat dan terlihat berkilau. bagi anda yang ingin bulu burung peliharaanya tetap sehat dan terjaga kehalusannya silahkan ikuti cara-cara yang sudah admin jelaskan diatas.

Dan kami ucapkan terimakasih kepada karena telah membaca informasi yang admin sampaikan mengenai Cara Merawat Bulu Burung Agar Rapih, Bersih dan Berkilau, semoga informasi ini selalu memberikan manfaat kepada para kicau mania di indonesia.