Cara Menangani Burung Anis Merah Yang Terlalu Galak

Cherewed.com – Pembahasan mengenai harga dan jenis  jenis burung anis merah sudah admin sampaikan di artikel sebelumnya, dan pada kesempatan ini admin juga akan membahas Cara Menangani Burung Anis Merah Yang Terlalu Galak. apakah anda memliki burung anis merah yang galak? jika ia silahkan simak artikel yang akan admin sampaikan di sini.

Burung anis merah memang memiliki karakter yang sangat labil. Kesalahan dalam pengangkutan, pemberian extra fooding yang kurang tepat, dan beberapa kekeliruan lain dalam penanganan bisa membuat burung anis merah menjadi sensitif. naik emosi, galak, dan ujung-ujungnya macet bunyi.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang galak?

Pada umumnya perilaku burung anis merah yang galak atau sensi itu dialami burung yang belum sepenuhnya mapan. Mereka sangat peka terhadap perubahan pola perawatan. Walaupun demikian, tidak sedikit pula burung mapan atau dewasa yang punya perilaku seperti itu, akibat birahinya yang terus meningkat dan tidak ada pelampiasan. Maka, perilaku galak atau emosian menjadi pelampiasan terbaiknya.

Ciri burung anis merah yang memiliki karakter emosian atau terlalu galak

  • Sering melompat-lompat, naik turun tangkringan.
  • Cenderung galak kalau pemiliknya mendekat, atau saat mau mengganti pakan / air minum.
  • Cenderung mengejar-mengejar atau galak terhadap burung sejenis.
  • Mudah over birahi (OB) yang ditunjukkan dengan sering melompat, mengejar pemilik / burung lain, atau benda-benda berwarna terang.

Burung Anis merah yang terlihat galak sebaiknya jangan anda bawa jalan-jalan ke arena lomba, baik untuk dilombakan atau sekadar menggantungnya di luar arena saat anis merah lainnya sedang beraksi. Hal ini bisa membuat burung makin emosional.

BACA JUGA :  Cara Dan Tips Akurat Memilih Burung Lovebird Ombyokan Yang Prospek Bisa Ngekek Panjang

Bahkan, karena terlalu emosi, biasanya burung mengeluarkan jurus ampuhnya: teler. Meski menurut sebagian penggemar hal itu tidak masalah, namun perlu diingat bahwa kita sedang mencoba meredam emosinya. Jadi, sebaiknya burung diistirahatkan dulu dari arena lomba sampai kondisinya menjadi stabil.

Untuk mengatasi burung anis merah emosian, atau terlalu galak, ada beberapa cara yang bisa kita terapkan :

Cara Menangani Burung Anis Merah Yang Terlalu Galak

  • Perawatan bisa dimulai dengan mengurangi jatah EF seperti jangkrik, kroto, ulat, cacing, dan sebagainya.
  • Jangkrik dan serangga lain dikurangi porsinya 1-2 ekor dari biasanya.
  • Cacing tanah bisa diberikan dua minggu sekali, atau stop pemberiannya selama masa perawatan.
  • Stop pemberian buah apel atau pisang. Selama perawatan, burung diberikan pepaya matang atau buah lain yang bersifat mendinginkan.
  • Mandi malam bisa diberikan untuk meredam birahi anis merah.
  • Mandi harian bisa ditambah frekuensi dan durasinya. Misalnya setiap hari mandi 2-3 kali, dengan waktu mandi lebih lama daripada biasanya.
  • Pengembunan bisa dilakukan yang dimulai sejak fajar, dan kurangi waktu mengerodong burung.
  • Penjemuran sebaiknya tidak lebih dari 1 – 1,5 jam.
  • Anis merah yang emosional akibat OB bisa diajak bermain-main, misalnya memberikan pakan langsung dari tangan kita.

Apabila burung anis merah sudah stabil dan tidak galak lagi, maka burung kembali ke perawatan harian seperti yang biasa diterapkan, termasuk perawatan untuk lomba bagi yang sering ikut lomba.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Menangani Burung Anis Merah Yang Terlalu Galak, semoga cara yang sudah admin sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah yang sama dengan burung peliharaanya. salam kicau mania.