Cara Melatih Burung Cucak Hijau Mini Agar Mau Makan Voer

Cherewed.com – Masih membahas mengenai burung cucak hijau, dan pada saat ini admin akan memberikan informasi mengenai cara Melatih Burung Cucak Hijau Mini Agar Mau Makan Voer, anda tentunya tahu dengan burung cucak hijau mini kan?

Burung Cucak hijau mini merupakan salah satu spesies burung kicauan dari keluarga Chloropseidae yang beberapa pekan terakhir ini banyak ditemukan di pasar burung. Ia masih berkerabat dekat dengan cucak hijau, cucak ranting, dan burung-burung dari keluarga leafbird lainnya.

Walaupun burung ini bertubuh mungil, namun suara kicauannya tidak kalah dari cucak hijau biasa / cica daun. Sama seperti cucak hijau biasa, cucak hijau mini ini juga pintar meniru berbagai suara kicauan jenis burung lainnya. Tidak heran jika cucak hijau mini kerap dijadikan burung masteran bagi berbagai jenis burung kicauan lainnya, termasuk murai batu.

Masalah yang kerap muncul dalam perawatan cucak hijau mini adalah burung sulit makan voer. memang hampir semua cucak hijau mini yang dijumpai di pasar burung merupakan hasil tangkapan alam. Wajar kalau sebagian besar dalam kondisi belum ngevoer, sehingga perlu dilatih terlebih dulu dengan pakan kering tersebut.

Melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer memang memerlukan trik tersendiri. Apalagi jenis burung yang satu ini dikenal sangat sulit untuk beralih pakan yang disukainya. Tips dan trik berikut ini diharapkan bisa membantu sobat kicaumania yang sibuk dengan pekerjaannya, tanpa perlu khawatir burung kehabisan pakan.

Sebenarnya tips melatih burung agar mau makan voer sudah beberapa kali dikupas dalam website ini. Tetapi untuk cucak hijau mini dibutuhkan trik khusus agar burung benar-benar mau mengkonsumsinya. Apalagi banyak keluhan dari sejumlah kicaumania yang gagal dalam melatih burungnya makan voer ketika burung terlanjut menyukai kroto atau ulat hongkong.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Perawatan Burung Prenjak Bahan Muda Hutan Yang Baik Dan Benar Paling Lengkap

Untuk melatih cucak hijau mini agar mau makan voer, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan buah-buahan yang rutin diberikan (biasanya pisang dan pepaya). Berikut ini caranya:

  • Ambil buah pisang atau pepaya. Setelah itu, buang kulitnya dan potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan buah itu ke dalam cepuk pakannya.
  • Tambahkan voer halus secukupnya, kemudian tambahkan dengan sedikit air bersih.
  • Setelah itu, bahan diaduk-aduk sambil dipenyek-penyek, sehingga buah dan voer menyatu menjadi bubur.
  • Berikan adonan ini kepada burung setiap hari.

Selama masa pelatihan itu, setiap dua hari sekali takaran voer diperbanyak. Sebaliknya, takaran buahnya dikurangi. Dengan cara demikian, maka dalam waktu sekitar 1 minggu, burung sudah mengenali bau, warna, dan aroma voer, sehingga dia mulai terbiasa untuk mengkonsumsinya.

Apabila cucak hijau mini sudah mau makan voer, maka perawatan hariannya tetap tidak boleh meninggalkan pakan buah dan serangga. Sebab burung dari keluarga leafbird, pakan buah-buahan dan serangga sangat bermanfaat serta bisa menambah kegacorannya.

Itulah Cara Melatih Burung Cucak Hijau Mini Agar Mau Makan Voer yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai berbagai tips seputar burung di situs cherewed.com. semoga bermanfaat!