Tips Sederhana Melatih Mental Burung Cendet Supaya Siap Lomba

Cherewed.com – Di artikel sebelumnya admin sudah membahas mengenai Tips dan Trik Memaster Burung Cendet Dengan Suara Belalang, dan di kesempatan kali ini admin juga akan memberikan tips sederhana melatih mental burung cendet supaya siap untuk dilombakan.

Melatih mental burung cendet supaya siap dilombakan dapat dilakukan pada saat burung mulai menunjukan tanda-tanda aktif berbunyi atau gacor. karena pada kondisi tersebut burung cendet telah memasuki umur mapan sehingga pelatihan secara konsisten dapat mengasah dan meningkatkan mentalnya.

Burung cendet merupakan jenis burung yang termasuk sangat aktif.  namun beberapa burung cendet muda kerap berprilaku buruk, terutama apabila tidak mendapatkan perawatan yang baik. namun pada saat burung cendet beranjak dewasa, burung tersebut akan menjadi lebih tenang dan akan semakin giat berkicau.

Apabila burung cendet sudah berumur dewasa, biasanya burung tersebut akan lebih rajin berkicau. pada Saat itulah Anda bisa memutuskan, apakah burungtersebut hanya untuk hiburan di rumah, atau disiapkan sebagai burung lomba. Jika mau dijadikan burung rumahan, tentu perawatan hariannya harus lebih ditingkatkan. Apabila disiapkan ke lapangan, maka mentalnya harus dilatih dulu.

Untuk melatih burung cendet supaya siap untuk dilombakan dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sederhana, Cara sederhana ini dianggap cukup efektif dan tidak menyita banyak waktu, sehingga bisa menjadi alternatif bagi kalangan para penghoby burung cendet di Indonesia.

Berikut ini tips sederhana melatih mental cendet agar siap dilombakan :

  • Selama 1 -2 hari, biasakan menggantung sangkarnya di tempat cukup ramai, menggunakan dobel kerodong / kerodong ganda. Penggunaan dobel kerodong dimaksudkan agar burung lebih terbiasa mendengar suara-suara ramai dan berisik.
  • Setelah beberapa hari, salah satu kain kerodong diangkat sehingga menyisakan kerodong yang tranparan.
  • Setelah terapi kerodong, tahap selanjutnya adalah menggantung sangkar selama beberapa hari di tempat yang ramai tersebut dengan ketinggian sebahu. Tujuannya agar membiasakan burung dengan suasana hiruk-pikuk keramaian, serta melatih mentalnya agar lebih siap.
  • Pada siang hari, sangkar digantung di tempat tenang dan sejuk. Setelah itu, putarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume sedang. Lakukan pemutaran audio selama beberapa menit.
  • Sore harinya, burung dijemur atau digantung di tempat biasa, sambil diputarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume yang kencang. Lakukan pemutaran audio tersebut selama beberapa menit.
  • Lakukan proses pemutaran audio itu selama beberapa hari. Selama itu pula, jangan lupakan perawatan harian lainnya seperti pengembunan dan pemberian pakan seperti biasanya.
BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Tidur Terus

Jika anda menerapkan cara-cara pelatihan seperti yang sudah admin jelaskan diatas, Maka burung cendet yang anda pelihara akan memiliki mental yang bagus, sehingga akan selalu siap untuk dilombakan. itulah yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. salam kicau mania.